Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Tarlem Tiba di RSCM

Kompas.com - 08/01/2012, 18:03 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jenazah Tarlem binti Unus Tajeum, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang meninggal dunia di Jordania, telah tiba di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Minggu (8/1/2012) sore. Jenazah sebelumnya telah tiba di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 15.00 WIB.

"Sebenarnya tadi sudah langsung dibawa kemari (RSCM), tapi dalam perjalanan ada telepon dari BNP2TKI minta dibawa kembali ke Bandara Soekarno Hatta karena belum ada serah terima resmi," kata Elly Anita, pendamping jenazah dari Migrant Care, kepada Kompas.com di RSCM, Minggu.

Jenazah Tarlem tiba dengan pesawat Etihad Airways sebelum dibawa oleh Elly bersama suami Tarlem, Awes bin Suryadi (44), ke RSCM. Setelah ada pemberitahuan dari BNP2TKI, jenazah dibawa kembali ke Bandara Soekarno Hatta, sementara Elly bersama Awes melanjutkan perjalanan ke RSCM.

Tarlem adalah TKI asal Dusun Krajan, Sukahaji, Ciasem, Subang, Jawa Barat. Awes mengatakan, istrinya berangkat dari Indonesia ke Jordania pada 13 April 2010. "Komunikasi mulai terganggu setelah sembilan bulan di Jordania," ujarnya.

Komunikasi terakhir terjadi pada 13 November 2011. Saat itu, Tarlem menginformasikan dirinya baru kembali melaksanakan umroh menyertai majikannya. Namun, nada suara almarhumah saat itu sudah berbeda. "Seperti tertekan," kata Awes.

Tarlem diberitakan meninggal pada 24 November 2011. Surat dari Kementerian Luar Negeri Nomor 05111/WN/XII/2011'65 tidak menyebutkan penyebab kematiannya. Surat hanya menyebutkan data tempat dan waktu kematian sesuai nota diplomatik yang diterima dari Kementerian Luar Negeri Jordania ke KBRI Amman, Jordania.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com