Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Iowa Tentukan Pilihan

Kompas.com - 04/01/2012, 11:16 WIB

DES MOINES, KOMPAS.com - Rakyat Negara Bagian Iowa, Amerika Serikat, yang menjadi simpatisan Partai Republik bersiap memilih kandidat yang mereka anggap layak menjadi calon presiden AS, Selasa (3/1/2012). Para kandidat pun memanfaatkan saat-saat terakhir untuk menyerang rivalnya.

Kaukus Iowa akan dimulai Selasa malam sekitar pukul 20.00 waktu setempat (Rabu pagi WIB) dan akan berlangsung selama dua jam. Para calon pemilih pendukung Partai Republik akan berkumpul di rumah-rumah, gereja, perpustakaan umum, atau auditorium sekolahan untuk mendengarkan pidato kampanye setiap kandidat yang akan dibacakan salah satu peserta pertemuan.

Di akhir acara, surat suara akan dibagikan kepada para peserta, yang kemudian akan menentukan pilihan calon presiden (capres) favorit mereka. Kaukus Iowa menjadi pembuka rangkaian pemilihan pendahuluan yang akan dilakukan di seluruh AS.

Sejauh ini masih ada tujuh kandidat capres Partai Republik yang masih bertahan. Namun, setelah melalui masa kampanye awal selama enam bulan dan 13 debat publik terbuka, jajak pendapat terbaru menunjukkan, hampir separuh warga republiken Iowa mengaku belum mantap menentukan pilihan.

Perkuat dukungan

Para kandidat pun memanfaatkan saat-saat terakhir untuk memperkuat dukungan. Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney, yang masih menjadi kandidat terkuat, memanfaatkan kesempatan wawancara di stasiun televisi NBC, Selasa pagi, guna menyerang Barack Obama.

”Presiden Obama gagal karena dia tidak pernah menjadi pemimpin di mana pun. Dia tak pernah memimpin di Senat negara bagian. Dia tak pernah memimpin di Senat AS dan tak pernah memimpin perusahaan apa pun. Dia kurang pengalaman, tidak hanya di bidang kebijakan luar negeri, tetapi juga kurang pengalaman sebagai pemimpin,” papar mantan gubernur berusia 64 tahun yang juga seorang pengusaha sukses ini.

Di stasiun televisi lain, mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich, yang sempat jadi kandidat favorit, menyerang Romney. Gingrich mengkritik langkah Romney membuat iklan kampanye negatif yang ditujukan kepadanya, dan mempertanyakan sumber dana untuk membuat iklan-iklan itu.

”Saya hanya berpikir, dia seharusnya jujur kepada rakyat Amerika dan berusaha menang sebagai Mitt Romney yang sesungguhnya,” kata Gingrich dalam satu acara di stasiun televisi CBS. Saat ditanya pembawa acara apakah ia menuduh Romney sebagai seorang pembohong, Gingrich menjawab, ”Ya”.

Pertarungan di Iowa mengerucut di antara tiga kandidat, yakni Romney, Ron Paul, dan Rick Santorum. Paul meraih dukungan dengan pandangan liberalnya dan menentang campur tangan AS ke luar negeri dalam bentuk apa pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com