Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Buruh dan PM Australia Berseberangan

Kompas.com - 03/12/2011, 17:17 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kini di Australia, Partai Buruh yang berkuasa berseberangan dengan Perdana Menteri (PM) Julia Gillard soal pernikahan gay atau sesama jenis. Pada satu sisi, sebagaimana warta AP dan AFP pada Sabtu (3/12/2011), Partai Buruh mendukung. Sebaliknya, PM Gillard menolak.

Sementara itu, dalam konferensi nasionalnya, Partai Buruh juga mendesak PM Gillard untuk mengamandemen sejumlah aturan untuk mengizinkan pernikahan sesama jenis. Tetapi, tampaknya keinginan ini sulit terwujud karena Partai Buruh hanya memiliki kursi sedikit lebih banyak dari kelompok posisi Partai Liberal yang menolak perkawinan sesama jenis.

Pemungutan suara oleh Partai Buruh terjadi setelah debat alot penuh emosi di antara dua kelompok mengenai isu tersebut. Keputusan mengganti program partai untuk mendukung perkawinan sesama jenis telah dimenangi oleh para aktivis hak gay.

"Tidak pernah diragukan bagaimana gigihnya kampanye untuk persamaan hak ini," kata Menteri Keuangan Penny Wong, yang memiliki hubungan sesama jenis.

Pada bagian lain, pemimpin serikat pekerja Joe de Bruyn beragumen menolak perubahan undang-undang perkawinan di Australia. "Definisi pernikahan yang diatur undang-undang adalah persatuan seorang laki-laki dan perempuan secara sukarela dan seumur hidup. Akan seperti itu sejak manusia diciptakan," katanya.

Rancangan undang-undang baru itu diperkirakan akan dibawa ke parlemen pada tahun depan.

Ketika Partai Buruh melakukan pemungutan suara dalam konferensi, terjadi demonstrasi di Sydney, yang diikuti para pendukung dan yang menolak perkawinan gay. Jajak pendapat terakhir menunjukkan mayoritas warga Australia mendukung perkawinan sesama jenis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com