Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Iritasi Akibat Menyusui

Kompas.com - 22/11/2011, 08:52 WIB

KOMPAS.com - Bagi perempuan yang baru melahirkan, menyusui seringkali menjadi masalah yang sering dihadapi.  Para ibu baru biasanya khawatir apakah bayi mereka sudah mendapatkan cukup ASI atau belum. Kekhawatiran ini terutama disebabkan karena adanya perubahan pada payudara. Kekhawatiran yang terlalu berlebihan ini tak jarang malah membuat para ibu kurang memperhatikan masalah payudara mereka sendiri. Akibatnya justru muncul masalah seperti iritasi, bengkak, atau infeksi.

Untuk mengatasi masalah menyusui, lakukan beberapa tip berikut:
1. Hal yang paling penting ketika menyusui adalah menjaga kadar cairan dalam tubuh. Asupan cairan dari air yang cukup akan mencegah infeksi payudara.

2. Jika Anda mengalami iritasi, coba gunakan bantalan payudara berbentuk gel pada bra. Jika tak memilikinya, gunakan daun kol dingin dan masukkan ke dalam bra. Namun jangan biarkan daun kol terlalu lama di dalam bra, karena bisa berefek pada keringnya suplai ASI.
 
3. Jika terasa sakit, cobalah untuk memijat payudara Anda. Untuk hasil terbaik, pijat payudara Anda sambil membungkuk sedikit.

4. Tambahkan bawang putih, atau gunakan minyak oregano dalam masakan yang Anda makan. Keduanya memiliki kandungan antibiotik yang bisa meringankan gejala iritasi pada payudara, sekaligus membunuh sel kanker.

5. Konsumsi banyak vitamin, terutama vitamin C dan asam lemak esensial untuk menu makanan sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com