Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Argentina: Inggris Bikin Provokasi di Malvinas

Kompas.com - 12/11/2011, 12:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Terkesan, luka lama yang mengering soal Kepulauan Falkland alias Malvinas berdarah lagi. Mendengar realisasi penugasan Pangeran William ke kepulauan itu oleh Inggris, Argentina pun sempat naik pitam.

Menurut warta AP dan AFP pada Sabtu (12/11/2011), Argentina pun melancarkan protes terhadap rencana itu. Argentina mengutuk keputusan Inggris itu.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri Argentina, Sebastian Brugo Marco, mengatakan, pihaknya tidak dapat mengabaikan makna politik di balik misi militer kunjungan William tersebut. "Karena, Sang Pangeran adalah anggota keluarga Kerajaan Inggris," kata Sebastian Bruno Marco, seperti dikutip situs berita La Nacion, yang bermarkas di Buenos Aires, Argentina.

Namun, keterangan resmi Pemerintah Inggris menyebut kunjungan itu merupakan kegiatan rutin. "Dia akan tiba di Falkland hanya untuk terlibat pelatihan militer, "kata Juru Bicara Kedutaan Besar Inggris di Buenos Aires, Argentina.

William direncanakan berkunjung ke Kepulauan Falkland awal tahun depan untuk kegiatan pelatihan militer. Kunjungan ini disebut bertepatan menjelang 30 tahun peristiwa kekalahan Argentina dalam perang melawan Inggris untuk memperebutkan Malvinas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com