RI Targetkan Lahirnya Rencana Aksi Bersama

Kompas.com - 09/11/2011, 02:55 WIB
Editor

Nusa Dua, Kompas - Indonesia sebagai Ketua ASEAN menargetkan lahirnya deklarasi dan rencana aksi bersama dalam Konferensi Tingkat Tinggi Ke-19 ASEAN, KTT ASEAN+3, dan KTT Asia Timur di Nusa Dua, Bali, 16-19 November.

”Ini sejarah bagi ASEAN karena baru pertama kali dihadiri Amerika Serikat dan Rusia. Kita ingin sukses penyelenggaraan dan sukses substansi sehingga di Bali dilahirkan deklarasi, action plan, atau apa pun namanya sebagai dasar mengatasi persoalan global,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka rapat koordinasi persiapan ketiga ajang itu, Selasa (8/11) malam, di Nusa Dua, Bali.

Rapat dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. Dalam rapat itu, teknis penyelenggaraan dipaparkan oleh Mensesneg, sementara substansi KTT disampaikan oleh Menlu. Di tengah guyuran hujan, Presiden meninjau lokasi KTT, yaitu Bali Nusa Dua Convention Center dan Bali International Convention Center.

Siang harinya, Polda Bali menggelar simulasi pengamanan di Nusa Dua. Ada tiga skenario, yakni pengamanan kepala negara dari Bandara Ngurah Rai ke Nusa Dua, pengamanan terhadap demonstran, dan penjinakan bom. Dalam simulasi itu, Polda Bali fokus pada pengamanan jalur dari Bandara Ngurah Rai ke Nusa Dua.

General Manager PT Angkasa Pura I Purwanto mengatakan, puncak pengamanan bandara berlangsung 16-20 November. ”Setiap ada kepala negara datang atau berangkat, lalu lintas udara harus steril paling tidak setengah jam,” katanya. (DEN/why)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.