Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Jutaan Yuan untuk Ai Wei Wei

Kompas.com - 07/11/2011, 19:53 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Simpati ribuan orang untuk seniman China, Ai Wei Wei, membuahkan hasil. Hingga kini, sumbangan untuk membayar tunggakan pajak seniman yang ikut merancang Stadion "Sarang Burung" untuk Olimpiade 2008 Beijing mencapai 5 juta yuan. Seebagaimana warta AP dan AFP, Senin (7/11/2011), tunggakan pajak Ai Wei Wei besarnya 15 juta yuan.

Sumbangan itu disampaikan melalui transfer bank ataupun lewat pos. Bahkan, beberapa dalam bentuk uang tunai yang dilemparkan ke halaman rumahnya. Ada yang melipat uang dalam pesawat terbang dari kertas yang kemudian diterbangkan ke rumahnya.

Sebuah pesan Twitter dari seorang sukarelawan di studionya menyebutkan sudah hampir 20.000 orang yang memberikan sumbangan. "Saya ingin menjelaskan bahwa ini diprakarsai oleh pengguna internet, bukan saya. Namun, saya memberikan kepada mereka nomor rekening saya agar pengorganisasinya lebih baik dan mengamankan sumbangan itu," akunya.

Tanpa bunga

Ai Wei Wei, yang sudah berpameran keliling dunia, mengatakan, ia akan membayar kembali sumbangan tersebut sebagai pinjaman tanpa bunga. "Sumbangan ini bukan tentang uang, tetapi merupakan ekspresi dari perasaan orang tentang apa yang terjadi," katanya.

"Saya hanya bisa mengatakan bahwa saya sangat gembira dan sangat tersentuh dengan tindakan tersebut," tambahnya.

Dia mempunyai waktu hingga akhir pekan ini untuk membayar tunggakan pajak. Ia pun belum memutuskan tindakan yang akan diambilnya.

Muncul sejumlah pendapat bahwa sumbangan yang dia terima bisa membawa masalah baru bagi karena kemungkinan dia akan dituduh menggalang dana secara tidak sah. Aliran sumbangan langsung berdatangan setelah Ai Wei Wei mengatakan harus membayar tunggakan pajak dan membutuhkan pinjaman.

Sejatinya, tunggakan pajak Ai Wei Wei menyangkut telatnya pembayaran sekaligus dendanya berkaitan dengan perusahaan yang memproduksi karya-karyanya, Beijing Fake Cultural Development Ltd.

Walaupun Ai Wei Wei hanya merupakan perancang di perusahaan tersebut, pihak berwenang berpendapat dia yang sebenarnya mengendalikan perusahaan.

Seniman yang sering mengkritik Pemerintah China ini ditangkap awal April 2011. Ia dibebaskan dengan jaminan tiga bulan kemudian setelah masyarakat internasional mengecam penangkapannya.

Namun, belakangan, Ai Wei Wei dituduh melakukan penggelapan pajak. "Tuduhan ini lebih bermotif politik," katanya.

"Selama 81 hari penahanan saya, di dalam tempat rahasia, mereka menuduh saya melakukan subversi atas kekuatan negara," tuturnya pekan lalu.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com