Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Palestina Tuding Israel Hadang Kapal Bantuan

Kompas.com - 03/11/2011, 18:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Aktivis Palestina menuding Israel kembali menghadang dua kapal bantuan dari Irlandia dan Kanada yang membawa bantuan ke Jalur Gaza. Kedua kapal itu mengangkat sauh dari dari pelabuhan Turki pada Rabu (3/11/2011), sebagaimana warta Xinhua. Kapal-kapal tersebut membawa 27 orang aktivis pro-Palestina dari sembilan negara. Tak hanya itu, kedua kapal juga mengangkut sejumlah bantuan logistik untuk kemanusiaan.

"Perjalanan kapal-kapal itu merupakan bentuk kontinuitas melawan blokade maritim Israel," kata aktivis Amjad Al-Shawa.

Menurut jadwal, kedua kapal akan memasuki perairan Gaza pada Jumat (18/11/2011) pagi. Tapi, laporan radio Israel menunjukkan Angkatan Laut (AL) Israel akan memblokade perjalanan tersebut. Israel bakal mencegah kapal-kapal itu membuang sauh ke Jalur Gaza.   Sementara, seorang aktivis pro-Palestina Rami Abdu mengatakan akan ada pemberangkatan kapal-kapal kemanusiaan lebih banyak lagi andai pelarangan oleh Israel itu makin menggila. "Kapal-kapal kemanusiaan akan makin banyak yang bertolak dari pelabuhan Turki dan Yunani," katanya.

Pada Mei 2010, Israel memblokade perjalanan kapal berbendera Turki, Mavi Marmara. Insiden berdarah itu menewaskan delapan aktivis warga negara Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com