Pemimpin Al Qaeda Yaman Terbunuh

Kompas.com - 15/10/2011, 15:36 WIB
EditorKistyarini

SANAA, KOMPAS.com - Serangan udara Amerika Serikat (AS) menewaskan Ibrahim al-Bana, salah seorang pemimpin Al Qaeda, ungkap para pejabat kementerian pertahanan dan keamanan Yaman, Sabtu (15/10/2011).

Bana, yang dikenal sebagai pemimpin media Al Qaeda Yaman, tewas bersama enam milisi lain di provinsi Shabwa, Yaman, Jumat (14/10/2011).

Serangan udara itu dilakukan pesawat pengebom tanpa awak, dan merupakan satu dari lima serangan malam dengan target posisi-posisi Al Qaeda di Shabwa dan provinsi tetangganya, Abyan di wilayah selatan Yaman.

Pekan lalu, serangan udara serupa menewaskan Anwar al-Awlaki. Lelaki kelahiran AS itu dikenal sebagai ulama berbakat dan menguasai internet yang kemudian menjadi tokoh utama Al Qaeda untuk merekrut anggota dari Barat.

Terbunuh bersama Awlaki adalah Samir Khan, warga AS keturunan Pakistan, yang juga dikenal sebagai tokoh propaganda untuk Al Qaeda cabang Yaman dan Semenanjung Arab.

Ini bukan kali pertama Bana dikabarkan tewas. Salah satunya, pada Januari 2010, namun laporan itu langsung dibantah Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Sementara itu kantor berita AFP mengutip sumber-sumber dari kalangan suku Yaman, salah seorang anak Awlaki, Abderrahman Anwar Al-Awlaki, juga terbunuh dalam serangan Jumat malam itu. Namun belum ada konfirmasi tentang hal itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.