Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalai Lama Terganjal Visa Afsel

Kompas.com - 04/10/2011, 20:26 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Untuk kali kedua, dalam kurun waktu dua tahun,  pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama terganjal visa ke Afrika Selatan. Lantaran alasan itulah, sebagaimana warta AP dan AFP pada Selasa (4/10/2011), Dalai Lama membatalkan kunjungan ke negara tersebut.

Sementara, Kantor Dalai Lama di India mengatakan yakin, apa pun alasannya pemerintah Afrika Selatan berada dalam posisi tidak mengenakkan untuk mengeluarkan visa. "Yang Mulia direncanakan berangkat ke Afrika Selatan 6 Oktober 2011 tetapi visanya belum diberikan," demikian pernyataan kantor Dalai Lama di pengasingan.

Afrika Selatan membantah telah mendapat tekanan dari China untuk tidak mengeluarkan visa bagi Dalai Lama.

Pemerintah China menganggap Dalai Lama sebagai tokoh separatis yang memperjuangkan Tibet memisahkan diri dari China. Namun dalam berbagai kesempatan Dalai Lama mengatakan tujuannya adalah memperjuangkan otonomi lebih luas bagi Tibet bukan kemerdekaan.

Dalai Lama dijadwalkan menghadiri ulang tahun ke-80 Uskup Desmond Tutu Jumat mendatang. Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dari Afrika Selatan itu mengecam keterlambatan pemberian visa kepada Dalai Lama yang juga pernah memenangi Nobel Perdamaian.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com