Obama: Krisis Eropa Menakutkan Dunia

Kompas.com - 27/09/2011, 06:36 WIB
EditorHertanto Soebijoto

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Senin (26/9/2011) mengeluh bahwa krisis keuangan Eropa adalah menakutkan dunia dan berakar pada kegagalan zona euro untuk memperbaiki perbankan.

Dalam sebuah tanda baru frustrasi AS tentang situasi yang banyak ditakutkan Washington, lebih lanjut dapat menggagalkan pemulihan AS, Obama menyebutkan gejolak zona euro sebagai salah satu faktor asing yang telah membantu memperlambat ekonomi Amerika.

"Di Eropa ... Anda tahu, mereka belum sepenuhnya sembuh kembali dari krisis 2007 dan tidak pernah sepenuhnya menangani semua tantangan yang dihadapi sistem perbankan mereka," kata Obama di sebuah forum yang diselenggarakan oleh jaringan sosial LinkedIn.

"Sekarang sedang diperparah dengan apa yang terjadi di Yunani. Jadi mereka akan melalui krisis keuangan yang menakutkan dunia. Dan, mereka berusaha untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab, namun tindakan tersebut tidak cukup secepat yang mereka perlukan," katanya.

Setelah berminggu-minggu mengatakan bahwa Eropa memiliki kapasitas untuk mengatasi krisis utang negara, para pejabat AS telah menunjukkan tanda-tanda meningkatnya ketidaksabaran dengan pemimpin politik Uni Eropa karena kekhawatiran penyebaran penularan dari krisis zona euro.

Menteri Keuangan AS Timothy Geithner mengatakan pekan lalu bahwa Amerika memiliki taruhan besar di Eropa untuk membantu menemukan "strategi yang lebih efektif" untuk mengatasi krisis keuangannya.

Saham Eropa dan AS naik pada Senin dengan spekulasi dana bail out lebih ambisius untuk zona euro dan default (gagal bayar) teratur Yunani meskipun kurangnya rincian dan penolakan oleh pejabat terus membuat perdagangan bergejolak.

Namun, Jerman menembak jatuh langkah untuk meningkatkan dana penyelamatan utang Eropa, dan Yunani merana tanpa tanggal untuk kembalinya auditor yang memblokir pinjaman yang mereka butuhkan untuk menghindari default.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X