Uni Afrika Akui Pemerintah Transisi Libya

Kompas.com - 21/09/2011, 04:07 WIB
EditorEgidius Patnistik

JOHANESBURG, KOMPAS.com Uni Afrika (AU), Selasa (20/9/2011), mengakui Dewan Transisi Nasional (NTC) sebagai pemerintahan de facto Libya.

Organisasi Pan Afrika itu, yang sering dikritik karena reaksi yang acapkali tak sesuai dengan peristiwa-peristiwa di kawasan itu, mengatakan dalam satu pernyataan bahwa pihaknya siap mendukung NTC dalam usaha-usahanya membangun pemerintahan inklusif. AU juga mendesak NTC melindungi para pekerja migran Afrika menyusul adanya laporan bahwa warga kulit hitam Afrika menjadi sasaran serangan unit-unit milisi yang memburu tentara bayaran yang setia kepada Khadafy.

Sebagian besar negara Eropa, Amerika Serikat, dan Nigeria mengakui NTC pada 22 Agustus, sementara China secara resmi mengakui kelompok yang berkedudukan di Benghazi itu sebagai otoritas yang berkuasa di Libya pada 12 September.

Perubahan sikap AU itu sepertinya merupakan tekanan kepada para pemimpin seperti Robert Mugabe dari Zimbabwe, yang mengusir duta besar Libya pada akhir Agustus setelah diplomat itu menyatakan dukungannya kepada NTC.

Organisasi itu juga menyatakan Afrika Selatan, kekuatan ekonomi di benua itu yang memiliki pengaruh dalam kebijakan di AU, siap mengalihkan keberpihakan dan melihat realitas di lapangan. Dukungan Afrika Selatan kepada Khadafy, yang membantu membangun AU, berakar dalam sokongan Libya bagi Kongres Nasional Afrika dalam perjuangannya melawan pemerintahan apartheid di Afrika Selatan.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma telah memimpin delegasi AU yang mencoba menjadi penengah dalam konflik di Libya. Zuma mengecam Uni Eropa dan NATO yang menggunakan kekuatan untuk memaksa perubahan di Libya dan menyerukan para pejabat Khadafy menjadi bagian dari pemerintahan transisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.