Jusuf Kalla Dapat Gelar Doktor HC

Kompas.com - 11/09/2011, 01:51 WIB
Editor

MAKASSAR, KOMPAS - Universitas Hasanuddin menganugerahi Wakil Presiden RI periode 2004-2009 Muhammad Jusuf Kalla gelar doktor honoris causa atas kontribusinya di bidang ekonomi politik. Penghargaan itu diberikan oleh Rektor Unhas Idrus Paturusi pada acara Dies Natalis Ke-55 Unhas di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/9).

Basri Hasanuddin, Guru Besar Fakultas Ekonomi Unhas, selaku promotor, mengatakan, pemberian gelar itu didasari kiprah Jusuf Kalla (JK) sebagai negarawan, terutama di bidang ekonomi politik. JK termasuk kategori negarawan dengan ciri kepemimpinan yang khas.

”Jusuf Kalla kaya akan pemikiran kreatif. Terkadang pikirannya melampaui perkiraan orang banyak,” ungkap Basri.

Salah satu buah pemikiran di bidang ekonomi yang cukup menonjol, menurut Basri, dikenal dengan istilah ”Kallanomics”. Prinsip tersebut berpijak pada ekonomi logika dengan tidak bergantung pada aturan tertulis semata.

Pandangan tersebut membuahkan kebijakan diversifikasi energi. Semasa menjabat wakil presiden, JK menetapkan konversi minyak tanah menjadi tabung gas berkapasitas 3 kilo- gram. Langkah itu mampu menekan subsidi yang ditanggung pemerintah secara signifikan.

Dalam orasinya, JK mengkritik beberapa kebijakan pemerintah yang belum prorakyat dan malah pro-pihak asing, seperti impor beras dan ekspor sumber daya mineral. Di sisi lain, pemerintah tak menaikkan harga bahan bakar minyak untuk mengurangi beban subsidi. ”Kebijakan terboros adalah memberikan subsidi yang tidak perlu.

Wakil Presiden RI ke-10 itu juga menegaskan, pemerintah dan akademisi perlu bersinergi mewujudkan kemandirian pemenuhan kebutuhan pokok.

JK merupakan tokoh ketujuh yang menerima gelar honoris causa (HC) dari Unhas. Gelar serupa pernah diberikan kepada Soekarno, Mohammad Hatta, Chaerul Saleh, BJ Habibie, Nelson Mandela, dan Nadjib Tun Razak. (RIZ)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.