Filipina Tangkap Terduga Militan Abu Sayyaf

Kompas.com - 09/09/2011, 14:34 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Pihak militer Filipina mengakui menangkap terduga militan gerakan militer Abu Sayyaf di kawasan selatan Filipina. Menurut warta Xinhua pada Jumat (9/9/2011), terduga bernama Jal Idris atau dikenal dengan Jahari Idris. Ia adalah ipar pendiri Abu Sayyaf, Abdurajak Janjalani.

Lebih rinci, Juru Bicara Militer Letnan Kolonel Randolph Cabangban memaparkan, pihaknya menangkap Idris dalam sebuah operasi militer di Desa Tandu Abas di Kota Lamitan, Provinsi Basilan. "Ada informasi dari masyarakat sekitar yang memberitahukan soal keberadaan Idris," imbuh Cabangban.

Kelompok Abu Sayyaf yang didirikan pada 1990-an aktif di kawasan selatan Filipina. Militer Filipina mengatakan kelompok ini sering melakukan penyerangan, penculikan, pengeboman, dan pembantai terhadap warga di situ. Militer Filipina memperkirakan kalau kelompok ini menjadi bagian dari Al Qaeda. Abu Sayyaf beranggotakan sekitar 400 orang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X