Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Butuh Reformasi

Kompas.com - 27/08/2011, 17:46 WIB
Josephus Primus

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Pemimpin kelompok bersenjata Syiah Lebanon Hizbullah, Jumat (26/8/2011), mengatakan bahwa reformasi-reformasi penting kini diperlukan untuk mengatasi perkembangan di Suriah, tetangga terbesar Lebanon. "Kami ingin dukungan besar dan reformasi-reformasi penting di Suriah sehingga negara ini menjadi lebih berkembang sebagai negara berperan kunci di kawasan ini," kata Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah di depan khalayak  besar di desa perbatasan selatan Lebanon Maroun al-Ras, dalam pidato televisi untuk menandai Hari Al-Quds.     

Hari Al-Quds, atau Hari Yerusalem dalam bahasa Arab, ditandai pada Jumat terakhir bulan suci Ramadan di beberapa negara Islam.     

Nasrallah, yang berbicara beberapa meter dari perbatasan Lebanon dengan Israel, mengatakan peran Suriah dalam mengemban kasus besar nasional, seperti Palestina dan perlawanan Lebanon terhadap pendudukan Israel, harus diberi hormat.     

Kepala Hizbullah itu juga memperingatkan terhadap perselisihan sektarian yang meletus di Suriah. Syeh bersorban hitam itu mengatakan pembebasan Lebanon selatan dari pendudukan Israel pada tahun 2000 tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan Suriah.     

Dia menambahkan bahwa setiap perkembangan negatif di Suriah, yang telah ada sejak kerusuhan pertengahan Maret, akan mempengaruhi ke seluruh wilayah. "Lebanon tidak akan terpisah dari apa yang terjadi di Suriah ... perkembangan negatif atau positif di Suriah akan mempengaruhi seluruh kawasan ini," kata Nasrallah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com