PM Naoto Kan Akan Mundur

Kompas.com - 26/08/2011, 15:23 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan akan mundur dari jabatannya seusai terpilihnya ketua Partai Demokrat (DPJ). PM Kan mengemukakan hal itu di depan parlemen. Menurut warta Xinhua pada Jumat (26/8/2011), sampai kini DPJ adalah partai yang tengah berkuasa di Negeri Sakura tersebut.

Pemerintahan PM Kan sendiri tengah menggarap dua hal yang terkait dengan masa depan Jepang. Pertama, soal energi terbarukan. Sementara kedua adalah soal penerbitan obligasi negara.

Persiapan untuk pemimpin baru DPJ akan memunculkan perdana menteri baru keenam dalam kurun waktu lima tahun ini. PM Kan terpilih menjadi Presiden DPJ pada Juni lalu. Ia sendiri terpilih kembali dalam pemilihan presiden partai pada September tahun lalu. Kala itu, ia mendapat dukungan 60 persen. 

Kendati demikian, PM Kan tidak lama menikmati dukungan itu. Dalam jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Kyodo, popularitas dukungan untuk PM Kan justru anjlok hingga 15,8 persen.

Sekarang, setidaknya ada tiga kandidat kuat yang akan menjadi pengganti PM Kan, yakni Menteri Keuangan Jepang Yoshihiko Noda, Menteri Perindustrian Banri Kaieda, serta Menteri Luar Negeri Seiji Maehara.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.