Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikaragua Tawarkan Suaka bagi Khadafy

Kompas.com - 24/08/2011, 08:24 WIB

MANAGUA, KOMPAS.com - Nikaragua akan menawarkan suaka politik bagi pemimpin Libya Moamar Khadafy, meski belum ada permintaan suaka yang telah dibuat, kata seorang pembantu presiden negara Amerika Tengah itu, Selasa (23/8/2011).

"Jika seseorang meminta suaka, kami harus memberikan jawaban positif karena rakyat (Nikaragua) diberikan suaka ketika mereka dibunuh oleh diktator Nikargua Anasatasio Somoza," kata Bayardo Arce, penasehat Presiden Daniel Ortega untuk urusan ekonomi kepada wartawan.

Arce tidak menyebut nama pemimpin Libya itu. Kalau pun ada pemberian suaka, ada hal yang tidak jelas yaitu tentang bagaimana Khadafy bisa dipindahkan ke Nikaragua karena Managua tidak memiliki kedutaan besar di Tripoli.

Media setempat berspekulasi, Khadafy mungkin mempertimbangkan pengasingan di Nikaragua karena Ortega telah menjadi pendukung vokal pemimpin Libya itu, yang baru-baru ini menyebut Khadafy sebagai seorang "saudara" dan "teman". Ortega dulu seorang pemberontak kiri yang berjuang melawan kediktatoran Somoza, yang berakhir tahun 1979.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com