Bendera Israel Berhasil Diturunkan Paksa

Kompas.com - 21/08/2011, 10:24 WIB
EditorBenny N Joewono

KAIRO, KOMPAS.com - Seorang demonstran Mesir berhasil menurunkan bendera Israel dari kedutaannya di Kairo pada Minggu (21/8/2011), saat ribuan orang memprotes kematian lima polisi perbatasan, demikian dikatakan seorang saksi mata.

"Salah satu pengunjuk rasa berhasil mencapai bendera itu yang dikibarkan di atap bangunan bertingkat tinggi dan menyingkirkannya," kata mereka.

Hal itu terjadi setelah pengunjuk rasa menembakkan ratusan kembang api dengan harapan bisa membakar bendera negara Yahudi itu.

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak pada Sabtu (20/8/2011) menyatakan Israel menyampaikan penyesalan atas kematian personil polisi Mesir, yang tewas di perbatasan dalam pengejaran sejumlah pria bersenjata oleh Israel.

"Israel menyesal atas kematian personil polisi Mesir dalam serangan-serangan di perbatasan Mesir-Israel," kata Barak mengenai serangan oleh pria-pria bersenjata pada Kamis di kawasan Eilat, Israel.

Menteri pertahanan itu mengatakan telah memerintahkan Angkatan Darat Israel untuk mengadakan penyelidikan, dalam keterangan yang muncul beberapa jam setelah media negara Mesir memberitakan pemerintah Kairo memutuskan memanggil duta besarnya dari Tel Aviv untuk memprotes pembunuhan tersebut.

Kabinet Mesir Ahad mengatakan bahwa pernyataan penyesalan Israel atas kematian lima polisi perbatasannya tidak cukup, tetapi berhenti sesaat mengeja apakah pihaknya akan menarik duta besarnya dari Tel Aviv.

"Pernyataan Israel positif di permukaan, tapi tidak sesuai dengan besarnya kejadian dan keadaan marah Mesir terhadap tindakan Israel," kata kantor berita resmi MENA mengutip pernyataan kabinet.

MENA mengatakan, kabinet bersikeras pada jadwal untuk tawaran Israel melakukan penyelidikan bersama atas kematian para polisi Mesir Kamis, saat tentara Israel mengejar gerilyawan yang melakukan serangan sebelumnya di Negev yang menewaskan delapan orang.

Sekitar seribu orang Mesir pada Sabtu malam menggelar aksi protes di luar kedutaan Israel di Kairo, yang bertempat di lantai atas sebuah gedung bertingkat tinggi, bertujuan membakar bendera negara Yahudi itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.