Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut: Semenanjung Korea Hadapi Krisis

Kompas.com - 16/08/2011, 13:01 WIB

SEOUL, KOMPAS.com  Korea Utara mengatakan, Semenanjung Korea kini menghadapi krisis terburuk yang belum pernah terjadi karena adanya latihan militer bersama antara Korea Selatan dan AS yang dimulai Selasa.

"Semenanjung Korea menghadapi krisis terburuk yang belum pernah terjadi. Satu perang habis-habisan bisa dipicu oleh suatu kecelakaan," kata surat kabar partai komunis yang berkuasa di Korea Utara, Rodong Sinmun, dalam satu komentarnya.

Komentar-komentar itu muncul setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat mengumumkan dimulainya latihan "Ulchi Freedom Guardian", suatu latihan simulasi pos komando tahunan yang dibantu komputer dan melibatkan puluhan ribu tentara. Latihan itu berlangsung selama 10 hari.

Para pejabat AS dan Korea Selatan menggambarkan latihan itu sebagai latihan defensif dan rutin, tetapi Korea Utara biasanya menggunakan istilah latihan bersama itu sebagai latihan untuk invasi dan meluncurkan kontra-latihan sendiri.

Rodong Sinmun mengatakan, latihan terbaru itu dirancang untuk membangun satu kemampuan guna meningkatkan serangan-serangan pada fasilitas nuklir dan rudal Korea Utara. "Militer dan rakyat kami tidak akan duduk diam pada saat imperialis Amerika Serikat memobilisasi kekuatan militer besar-besaran dan mengancam hak-hak berdaulat kami," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com