Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Banyak Turis Inggris ke Bali

Kompas.com - 12/08/2011, 17:53 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Dua negara dari kawasan Eropa yaitu Inggris dan Prancis, tercatat dalam sepuluh besar pamasok turis asing ke Bali. Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali, kunjungan turis asal Inggris ke Bali mengalami peningkatan.

Pengamat pariwisata Bali Tjokorda Gde Agung mengatakan ada dampak pada kunjungan wisatawan Inggris ke Bali dari hasil ikut serta Bali dalam bursa pariwisata World Travel Market (WTM) tahun lalu di London.

"Sekecil apapun promosi dilakukan, pasti mendatangkan hasil," ujarnya di Denpasar, Jumat (12/8/2011). Ia mengatakan Bali merupakan destinasi Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan asal Inggris, kemudian baru DKI Jakarta.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali, turis asing asal Inggris yang berkunjung ke Bali meningkat setiap bulannya, dari 6.157 orang selama Januari 2011 menjadi 7.299 orang pada Februari. Kemudian 6.531 wisawatan selama Juni 2011.

Jadi selama enam bulan pertama 2011, wisatawan Inggris berlibur ke Bali sebanyak 49.727 orang atau bertambah hingga 8,90 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2010 yang hanya 45.661 orang.

Para calon pelancong asal Inggris, lanjut Tjokorda, tentu ingin mengetahui lebih banyak apa yang menjadi daya tarik Pulau Dewata, baik di bidang seni budaya maupun masalah keamanan dan kenyamanan selama turis berada di Bali. Oleh karena itu promosi kepariwisataan diperlukan.

"Ini masalah mendasar yang perlu diberitahukan secara jelas kepada para calon wisatawan dari negara manapun asalnya, sehingga mereka memiliki gambaran lebih jelas sebelum berangkat ke Indonesia," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com