Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusuhan Ancam Jadwal Premier League

Kompas.com - 09/08/2011, 01:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pertandingan perdana Premier League 2011-2012 antara Tottenham Hotspur dan Everton, di White Hart Lane, terancam ditunda, setelah kerusuhan yang terjadi di wilayah itu, pada Sabtu (13/8/2011). Selain karena rusaknya sejumlah infratruktur kota dan Hotspur, juga karena masih adanya kemungkinan kerusuhan susulan.

Menurut pemberitaan sejumlah media Inggris, kerusuhan dipicu oleh sejumlah masalah, misalnya kecemburuan sosial, sentimen rasial, dan krisis ekonomi dan mengakibatkan rusaknya satu pusat pertokoan, apartemen empat lantai, dan tempat penjualan tiket Hotspur.

Sejauh ini, Hotspur menutup penjualan tiket sampai Rabu (10/8/2011), tetapi siap memperpanjang periode penutupan jika polisi menginformasikan kemungkinan ancaman kerusuhan.

Ketua Hotspur, Daniel Levy, menyatakan siap membantu dan mendukung usaha-usaha pemulihan, termasuk memberikan solusi bagi masalah sosial, misalnya pengangguran.

"Kami telah menawarkan dukungan kepada masyarakat dan mendiskusikan cara terbaik memulihkan keadaan setelah peristiwa ini dengan anggota parlemen Tottenham David Lindon Lammy dan pemimpin dewan kota Haringey, Claire Kober," ujar Levy.

"Klub berkomitmen mendukung komunitas kota ini dengan membantu membersihkan kota dan pemulihan semangat komunitas di sini."

"Klub berdiskusi dengan pihak berwenang, berkaitan dengan jadwal pertandingan Premier League melawan Everton, akhir pekan ini. Kami mengatakan kepada suporter bahwa pada tahap ini pertandingan akan tetap berlangsung dan klub akan berusaha melakukan segalanya untuk memastikan itu tak berubah," tuturnya.

Kerusuhan tersebut adalah yang pertama sejak insiden Broadwater Farm pada 1985. Menurut kepolisian London, kerusuhan kali ini adalah yang terburuk sepanjang sejarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com