Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Presiden "Penimbun" Utang AS?

Kompas.com - 08/08/2011, 12:09 WIB

KOMPAS.com Utang Amerika Serikat (AS) melejit pesat dalam 10 tahun terakhir ini, alias sejak era kepemimpinan AS di bawah George W Bush. Dari angka utang sebesar 5,8 triliun dollar AS pada tahun 2001, angka itu sudah menjadi 14,3 triliun dollar AS pada tahun 2011.

Faktor apa saja yang menyebabkan kenaikan utang hampir sebesar 9 triliun dollar AS itu terjadi dalam sepuluh tahun terakhir? Atau dengan kata lain, siapakah presiden AS yang yang paling berperan sebagai penimbun utang AS.

Periode 2000-2008, George W Bush dari Partai Republik adalah Presiden AS, lalu diikuti Barack Obama dari Partai Demokrat. Kantor berita Associated Press membuat ringkasan soal ini.

Dituliskan, utang muncul sebagai dampak negatif dari kebijakan pengurangan pajak pada tahun 2001 dan 2003 oleh George W Bush. Kebijakan ini menyebabkan kehilangan penerimaan negara sebesar 1,6 triliun dollar AS dan ini ditutup dengan utang. Utang tersebut juga menumpuk karena tambahan beban bunga dari utang yang bertambah terus, yakni sebesar 1,4 triliun dollar AS. Utang ini juga bertambah karena bantuan perobatan pada warga AS lewat kebijakan pemerintah yang diluncurkan pada tahun 2003 sebesar 300 miliar dollar AS.

Nah, utang AS ini juga bertambah karena invasi Irak dan Afganistan oleh AS dan sekutunya sebesar 1,3 triliun dollar AS. Ekonom AS, Joseph E Stiglitz, sudah pernah mengingatkan bahaya keuangan negara akibat invasi ini ke perekonomian AS.

Di mana porsi Obama? Utang AS di bawah Obama bertambah karena harus ada paket dana stimulus ekonomi negara itu sebesar 800 miliar dollar AS. Ini bertujuan untuk mengatasi krisis ekonomi yang meledak pada tahun 2008 ketika Bush masih berkuasa.

Obama mulai menjabat Presiden AS pada Januari 2009. Di bawah Obama, juga tertumpuk lagi utang sebagai dampak dari sikap kompromis Obama, atas desakan Partai Republik, untuk memperpanjang kebijakan bebas pajak Bush. Dampak dari sikap kompromis ini adalah munculnya utang lain sebesar 400 miliar dollar AS.

Masih ada faktor-faktor lain yang menjadi penyebab naiknya utang AS ini, seperti dari sektor pertanian dan pertahanan. Porsi terbesar kenaikan utang AS karena murni peran Obama ada pada perjuangannya untuk jaminan health care. Sektor inilah yang oleh Partai Republik diminta untuk dihapus saja. Obama kukuh dan berhasil mempertahankan pengeluaran ini, walau terancam dianulir jika Partai Republik mengambil alih Kongres AS dan Gedung Putih pada pemilu 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com