Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantahan Mubarak Jadi Nada Panggil

Kompas.com - 05/08/2011, 17:54 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Dalam pengadilan pertamanya, Rabu (3/8/2011), mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak membantah semua dakwaan. Ucapan bantahan di ruang sidang itu kini menjadi ringtone (nada panggil) populer di Mesir, surat kabar Mesir Al Ahram melaporkan.

Suara rendah dan menggeram Mubarak itu bisa diunduh dari sebuah situs. Ada tiga versi "geraman" Mubarak yang disediakan.

Yang pertama adalah ketika hakim memanggilnya dengan nama lengkap - Muhammad Hosni Sayyid Mubarak -, yang dijawab Mubarak dengan "Saya di sini, Yang Mulia."

Nada panggil lainnya adalah jawaban Mubarak atas dakwaan korupsi dan peran dalam terbunuhnya sekitar 850 demonstran selama 18 hari gelombang revolusi yang berakhir dengan kejatuhannya.

"Saya membantah semua dakwaan," begitu jawaban Mubarak.

Mesir dan sebagian besar Timur Tengah terkesima melihat mantan penguasa berusia 83 tahun itu akhirnya muncul di pengadilan. Dia dibawa dari rumah sakit di kota resor Sharm el-Sheik untuk diadili di Kairo.

Banyak yang mengira dia bakal lolos dari hukum atau setidaknya bisa menghindari kehadiran di pengadilan dengan alasan kesehatan.

Namun berbagai alasan kesehatan yang diajukan pengacaranya agar dia tidak perlu hadir di sidang tak mempan. Mubarak diterbangkan dengan helikopter ke akademi polisi tempat sidang digelar.

Selama persidangan, Mubarak hanya terbaring di ranjang rumah sakit dan ditempatkan di dalam sel bersama dua putranya, Alaa dan Gamal, serta sembilan terdakwa lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com