Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Harus Manfaatkan Uang yang Masuk

Kompas.com - 03/08/2011, 08:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Momentum kesepakatan pagu utang Amerika Serikat yang dinaikkan menjadi 1,2 triliun dollar AS seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membangun infrastruktur, khususnya dalam jangka pendek. Hal ini dikemukakan oleh pengamat ekonomi, Aviliani, saat dihubungi Kompas.com, Rabu ( 3/8/2011 ).

Aviliani menyebutkan, dampak kesepakatan pagu utang tersebut memang positif ke Indonesia, seperti rupiah yang tidak langsung menguat signifikan. Namun, terhadap arus investasi ke Asia termasuk Indonesia, masih akan tetap berlangsung. "Tidak akan berdampak apa-apa ke Asia, dan Indonesia," ujar dia.

Dengan masih derasnya arus uang masuk ke Indonesia, ia menyebutkan, ini harus bisa dimanfaatkan pemerintah. "Untuk short-term, dana besar tidak boleh hanya berputar di pasar modal. Itu bahaya. Harus ke sektor riil," ungkap Aviliani.

Pemerintah, lanjut dia, harus memanfaatkan dana investasi yang menurutnya tetap akan mengalir ke Asia termasuk Indonesia untuk membangun infrastruktur, khususnya dalam jangka pendek. "Ini kan sementara memang, saya masih melihat problem di AS dan Eropa masih ada, sehingga momentum yang baik ini harus dimanfaatkan segera, " tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com