Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Klaim Bunuh Penasehat Karzai

Kompas.com - 18/07/2011, 14:38 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Taliban, Senin, mengaku telah membunuh salah seorang penasehat penting Presiden Afganistan Hamid Karzai pada Minggu malam. Jan Mohammad Khan, mantan gubernur Provinsi Uruzgan selatan dan seorang sekutu penting Presiden Karzai itu, tewas bersama seorang anggota parlemen dari Uruzgan dalam sebuah serangan di rumahnya di Kabul.

Seorang pejabat senior pemerintah, sebagaimana dikutip Tolo TV mengatakan, Khan dibunuh di rumahnya di dekat gedung parlemen dalam serangan yang masih terus terjadi.

Pembunuhan itu terjadi kurang dari sepekan setelah saudara tiri Karzai, Ahmed Wali Karzai, dibunuh seorang teman dekatnya di rumahnya di Provinsi Kandahar, Afganistan selatan, tempat kelahiran Taliban. "Ia (Khan) sangat dekat dengan Karzai. Ia sepenting AWK (Ahmed Wali Karzai)," kata pejabat itu.

Seperti Karzai, Khan berasal dari keluarga yang berpengaruh dari suku Popalzai di bagian selatan Afganistan yang bergolak. Menurut laman internet independen afghan-bios.info, kemenakan laki-laki Khan memimpin sebuah milisi yang memiliki 3.000 anggota di Uruzgan.

Kematiannya akan makin memanaskan suhu politik di wilayah selatan, tempat Taliban memerangi tentara pimpinan Amerika Serikat untuk menguasai wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com