Jalan Tol, Bentengi Iwanuma dari Tsunami

Kompas.com - 23/06/2011, 10:40 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

IWANUMA, KOMPAS.com - Kota Iwanuma di Prefektur Miyagi, Jepang tak luput dari gempa dan tsunami pada 11 Maret lalu. Namun, hanya daerah yang dekat dengan bibir pantai yang mengalami kerusakan parah. Kawasan padat di tengah kota, termasuk kantor-kantor pemerintahan lolos dari terjangan tsunami.

Kondisi ini terjadi berkat berdirinya jalan tol yang sekaligus menjadi benteng dari gempuran gelombang tsunami. "Jalan tol memecah gelombang laut sehingga arus yang mencapai kota tidak seganas sebelumnya," kata Yamada Tatsuko pendamping peserta program pertukaran pemuda Jepang-Indonesia JENESYS, Kamis (23/6/2011) di Iwanuma.

Sepengamatan Kompas di lokasi, kawasan sepanjang 6-7 kilometer dihitung mulai bibir pantai hingga jalan mengalami kerusakan parah. Hingga Kamis kemarin, lebih dari 1.600 relawan bergantian membantu pemulihan kondisi lingkungan, pemukiman, dan termasuk para korban bencana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.