Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Kartel Tertangkap Lagi

Kompas.com - 23/06/2011, 03:54 WIB

mexico city, selasa - Polisi federal Meksiko berhasil menangkap pemimpin terakhir kartel obat bius La Familia, Jose de Jesus Mendez Vargas. Lebih dari separuh gembong obat bius di Meksiko telah ditangkap atau dibunuh.

Penangkapan terhadap Mendez (50), yang dijuluki ”El Chango” atau ”Si Monyet”, terjadi di Negara Bagian Aguascalientes, Meksiko tengah, Selasa (21/6). Tidak terjadi bentrokan yang meminta korban jiwa dalam penggerebekan oleh polisi tersebut.

”Dengan penangkapan ini, struktur komando (kartel La Familia) yang masih tersisa telah dihancurkan,” ungkap juru bicara keamanan Pemerintah Federal Meksiko, Alejandro Poire, dalam konferensi pers di Mexico City, Selasa.

Mendez adalah orang ke-21 dari total 37 gembong kartel obat bius di Meksiko yang dapat ditangkap atau dibunuh oleh aparat keamanan.

Kartel La Familia adalah satu dari tujuh kartel obat bius terbesar di Meksiko dan termasuk di antara kartel-kartel paling sadis. Kartel yang bermarkas di Negara Bagian Michoacan di pantai barat Meksiko ini dikenal sebagai produsen terbesar obat bius sintetis, seperti kristal metamfetamin.

Presiden Meksiko Felipe Calderon, yang berasal dari Michoacan, langsung mengucapkan selamat atas penangkapan Mendez melalui Twitter. ”Satu pukulan besar terhadap organisasi kriminal. Satu dari penjahat paling dicari dapat ditangkap. Selamat,” tulis Calderon, yang mengobarkan perang terhadap kartel-kartel obat bius sejak 2006.

Pendiri dan pemimpin kartel La Familia sebelumnya, Nazario Moreno Gonzalez, tewas ditembak polisi dalam baku tembak yang berlangsung dua hari dua malam di dekat kota Apatzingan, Michoacan, Desember 2010.

Menurut Poire, dengan tewasnya Moreno, Mendez menjadi pemimpin tertinggi di La Familia, yang bertanggung jawab terhadap seluruh operasi pembunuhan, penculikan, pemerasan, korupsi, serta penyerangan terhadap aparat dan warga sipil.

Badan Pemberantas Perdagangan Obat Bius AS (DEA) memasukkan Mendez dalam daftar orang-orang yang menjual dan menyelundupkan kokain, mariyuana, dan kristal metamfetamin ke beberapa wilayah di AS.

Simbol agama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com