Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Pertama bagi Mitt Romney

Kompas.com - 14/06/2011, 02:58 WIB

Manchester, Minggu - Kandidat terkuat calon presiden dari Partai Republik, Mitt Romney, menjadi sasaran utama untuk dikeroyok dalam debat antarbakal calon presiden di Manchester, Negara Bagian New Hampshire, AS, Senin (13/6).

Tujuh politisi senior Partai Republik, yang sudah menyatakan niat untuk maju dalam persaingan menuju pemilihan presiden AS tahun depan, akan hadir dalam debat tersebut.

Mereka adalah mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney; mantan Gubernur Minnesota Tim Pawlenty; mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich; anggota DPR AS wakil Negara Bagian Minnesota, Michele Bachmann; anggota DPR AS wakil Texas, Ron Paul; mantan Senator Rick Santorum dari Pennsylvania; dan pengusaha Herman Cain dari Georgia.

Debat dilangsungkan di kampus Saint Anselm College di Manchester, Senin pukul 20.00 waktu setempat atau Selasa (14/6) pagi WIB.

”Ini menandai fase baru dalam kampanye (calon presiden) saat makin banyak orang menaruh perhatian dan para kandidat memulai pertempuran,” tutur Fergus Cullen, mantan Ketua Partai Republik di New Hampshire.

Ini bukan debat para calon presiden (capres) pertama yang digelar di lingkungan Partai Republik. Bulan lalu, debat serupa dilangsungkan di South Carolina walau hanya dihadiri empat kandidat.

Namun, debat di New Hampshire ini akan menjadi yang pertama bagi Romney, bakal calon presiden yang selalu unggul dalam beberapa jajak pendapat dibanding bakal calon lain.

Kelebihan dan kekurangan

Selain mendapat dukungan awal dalam berbagai jajak pendapat tersebut, Romney juga mengantongi beberapa keuntungan dalam debat perdana ini. Namanya sudah sangat dikenal publik Manchester sejak ia masih menjabat Gubernur Massachusetts, negara bagian tetangga New Hampshire.

Ia juga memiliki rumah peristirahatan di Danau Winnipesaukee, New Hampshire, yang menunjukkan kedekatannya dengan negara bagian tersebut. ”Romney sangat kuat di New Hampshire,” ujar Jamie Burnett, konsultan politik yang pernah menjadi direktur politik kampanye Romney di negara bagian itu tahun 2008.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com