Pemberontak Tangkap 17 Tentara Khadafy

Kompas.com - 12/06/2011, 08:29 WIB
EditorKistyarini

BENGHAZI, KOMPAS.com – Para  pemberontak Libya menangkap 17 prajurit pasukan yang setia kepada pemimpin Moammar Khadafy pada Sabtu (11/6/2011) dalam pertempuran di kota barat Zawiyah, kata juru bicara pemberontak kepada Xinhua. "Terjadi pertempuran sengit sejak Sabtu pagi antara pemberontak dan pasukan pejuang Khadafy," ujar Jalal al-Gallal, juru bicara kelompok oposisi di Benghazi. Ledakan-ledakan keras terdengar di pusat kota Zawiyah. Pesawat-pesawat terbang melayang-layang di atas kota, demikian diungkapkan warga di situs stasiun televisi pemberontak.

Televisi itu juga mengatakan, pasukan Khadafy telah mengerahkan kapal perang kecil dari tepi pantai, mencoba untuk membebaskan pasukan yang dikepung oleh para pejuang oposisi di Zawiyah. Pertempuran tersebut telah dilaporkan memutus jalan raya pantai yang menghubungkan ibu kota Tripoli dengan Tunisia.    Pasukan Khadafy juga menyerang untuk pertama kalinya kota Gadamis, sekitar 600 kilometer barat daya Tripoli dan perbatasan Aljazair, demikian dituturkan TV pemberontak.

Di kota pesisir Misrata di timur Tripoli, pasukan Khadafy "berhenti menembak pusat kota yang dikuasai pemberontak setelah mengalami kerusakan serius pada kendaraan militer mereka dan menewaskan sedikitnya 30 pejuang pemberontak," kata Gallal. Sekitar 150 tentara oposisi lainnya terluka, beberapa serius, dan jumlah korban dikhawatirkan meningkat karena laporan terus berdatangan dari garis depan dalam pertempuran di kota barat Zawiyah, tutur juru bicara pemberontak tersebut kepada Xinhua.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X