Pemerintah dan Oposisi Saling Tuding

Kompas.com - 21/05/2011, 17:11 WIB
EditorJosephus Primus

SANAA, KOMPAS.com - Otoritas tinggi militer Yaman, Jumat (20/5/2011) mengatakan, oposisi berusaha menyeret negara ke dalam perang saudara, merujuk pada serangan baru pada pos-pos pemeriksaan keamanan serta fasilitas minyak dan listrik.    

"Sejumlah serangan kriminal yang dilakukan oleh oposisi Pertemuan Bersama Partai-partai (JMP), dihindarkan oleh pasukan tentara dan sekutu mereka dari serangan unsur-unsur Al Qaeda selama beberapa hari lalu terhadap pos pemeriksaan keamanan dan militer serta fasilitas minyak dan listrik pemerintah, yang diupayakan oleh kelompok orang itu untuk menyeret negara ke dalam perang sipil," katanya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh laman Kementerian Pertahanan.    

Dewan Pertahanan Nasional, yang dipimpin oleh Presiden Ali Abdullah Saleh, mengatakan pihaknya menanggapi serangan-serangan mereka dengan menyetujui resolusi yang signifikan terhadap politik, keamanan ekonomi, dan isu-isu militer yang akan disampaikan kepada publik dalam beberapa hari ke depan pada rapat luar biasa yang dipimpin oleh presiden sendiri.    

Tuduhan-tuduhan terhadap oposisi itu muncul dua hari setelah presiden dan oposisi gagal untuk kedua kalinya untuk menandatangani kesepakatan rekonsiliasi untuk mengakhiri kebuntuan berkepanjangan atas rencana pengalihan kekuasaan yang di tengahi negara-negara Teluk, yang seharusnya untuk memfasilitasi pengunduran diri secara damai Saleh dalam waktu sebulan.    

Kekuasaan presiden selama 33 tahun telah terguncang oleh aksi-aksi protes massa selama beberapa bulan terakhir, yang menyerukan pengunduran dirinya.    

Sementara kompromi masih jauh dari jangkauan, kedua pihak telah menuduh satu sama lain berusaha untuk menghasut perang saudara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.