Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Pinjam Duit kepada Arab

Kompas.com - 12/05/2011, 19:51 WIB

KOMPAS.com — Arab dan negara-negara kawasannya bakal menjadi incaran Otoritas Palestina. Alasannya, saat ini Palestina tengah mengalami krisis finansial. Penyebabnya, Israel emoh mengirim dana perolehan pajak. Israel, kata warta Xinhua pada Kamis (12/5/2011), tidak mau dana itu dipakai untuk kegiatan kelompok Hamas yang kini mengisi jajaran pemerintahan Palestina.

Namun, ulah Israel itu justru membuat petaka. Soalnya, Otoritas Palestina, tanpa duit itu, tak mampu membayar gaji 148.000 pegawai di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Maka dari itu, Otoritas Palestina terpaksa meminjam duit kepada negara-negara Arab tersebut. "Kami ingin negara-negara Arab membantu secara finansial," kata anggota Komite Eksekutif Otoritas Palestina, Saleh Ra'fat.

Saleh menambahkan, upaya meminjam uang itu termaktub dalam resolusi Liga Arab. Kenyataannya, banyak negara kawasan Arab juga tak membayar dana bantuan untuk Palestina tahun ini.

Tak cuma itu, menurut Saleh, pihaknya juga akan meminta bantuan PBB memaksa Israel membayar kewajiban terhadap Palestina itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com