Klaim Kompensasi di Atas 100 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 10/05/2011, 19:47 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Meski belum ada rincian persis klaim kompensasi dampak rusaknya reaktor nuklir Fukushima Daiichi, para analis mengatakan jumlah klaim tersebut lebih dari 100 miliar dollar AS. Menurut warta AP dan AFP pada Selasa (10/5/2011), sedikitnya, 80.000 warga tinggal dalam radius radiasi 20 kilometer dari pembangkit listrik itu. Mereka sudah diungsikan.

Tak hanya itu, perhitungan juga mencakup banyak pabrik dan lahan pertanian di kawasan tersebut. Pabrik dan lahan itu pun mesti dikosongkan.

Berangkat dari sinilah, pembicaraan mengenai kompensasi memang tengah berlangsung antara pihak pengelola reaktor yakni Tokyo Electric Power Company (Tepco) dengan pemerintah Jepang tengah berlangsung. Pihak Tepco pun sudah mengajukan permohonan tertulis resmi kepada Menteri Ekonomi Banri Kaieda. Isi surat itu adalah permintaan agar pemerintah Jepang membayar kompensasi dimaksud.

Kemudian, sebagai gantinya, pihak Tepco bersedia melakukan pembangunan kembali kawasan. Kemudian, sebagaimana pernyataan Presiden Tepco Masataka Shimizu, pihaknya bakal memangkas gaji para direktur dan karyawan.

Reaktor Fukushima menjadi korban gempa bumi bermagnitud 9,0 berikut tsunami yang melanda Jepang pada Jumat (11/3/2011) silam.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.