Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Kompensasi di Atas 100 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 10/05/2011, 19:47 WIB

KOMPAS.com - Meski belum ada rincian persis klaim kompensasi dampak rusaknya reaktor nuklir Fukushima Daiichi, para analis mengatakan jumlah klaim tersebut lebih dari 100 miliar dollar AS. Menurut warta AP dan AFP pada Selasa (10/5/2011), sedikitnya, 80.000 warga tinggal dalam radius radiasi 20 kilometer dari pembangkit listrik itu. Mereka sudah diungsikan.

Tak hanya itu, perhitungan juga mencakup banyak pabrik dan lahan pertanian di kawasan tersebut. Pabrik dan lahan itu pun mesti dikosongkan.

Berangkat dari sinilah, pembicaraan mengenai kompensasi memang tengah berlangsung antara pihak pengelola reaktor yakni Tokyo Electric Power Company (Tepco) dengan pemerintah Jepang tengah berlangsung. Pihak Tepco pun sudah mengajukan permohonan tertulis resmi kepada Menteri Ekonomi Banri Kaieda. Isi surat itu adalah permintaan agar pemerintah Jepang membayar kompensasi dimaksud.

Kemudian, sebagai gantinya, pihak Tepco bersedia melakukan pembangunan kembali kawasan. Kemudian, sebagaimana pernyataan Presiden Tepco Masataka Shimizu, pihaknya bakal memangkas gaji para direktur dan karyawan.

Reaktor Fukushima menjadi korban gempa bumi bermagnitud 9,0 berikut tsunami yang melanda Jepang pada Jumat (11/3/2011) silam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com