Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Usir 14 Diplomat Libya

Kompas.com - 06/05/2011, 16:59 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Libya  mengumumkan mengusir 14 diplomat Libya. Perancis menganggap para diplomat itu tidak bisa diterima. Deportasi terhadap mereka, sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (6/5/2011), direncanakan dalam 24-48 jam setelah pengumuman tersebut.

Juru Bicara Kementerian Bernard Valero mengatakan para diplomat yang bekerja untuk pemimpin Libya Moammar Khadafy itu dikenakan status persona non grata. Status yang lazim dalam hubungan internasional itu biasanya dikenakan terhadap diplomat di suatu negara yang dianggap tidak diinginkan.

Sumber di kementerian tersebut mengungkapkan Perancis menuduh para diplomat itu bertindak tidak konsisten terkait penanganan unjuk rasa menentang Moammar Khadafy. Tudingan terhadap Khadafy adalah melakukan tindakan-tindakan di luar penetapan hak asasi manusia oleh PBB.

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) Libya untuk Perancis Mohamed Salaheddine Zarem sudah mengundurkan diri sebagai bentuk protes terhadap kebijakan Khadafy. Selain Zarem, dubes dan diplomat Libya yang mengundurkan diri dengan alasan tersebut di atas antara lain adalah Dubes Libya untuk PBB Abdurrahman Shalgham, Dubes Libya untuk AS Suleiman Aujali, Dubes Libya untuk UNESCO Abdulsalam el-Qallali, Dubes Libya untuk India Ali al-Essawi, dan Wakil Tetap Libya di Liga Arab Abdel Moneim al-Huny.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com