Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sibuk Menyiapkan Musik Hingga Biskuit

Kompas.com - 22/04/2011, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Pernikahan Pengeran William-Kate Middleton tinggal menghitung hari. The Royal Wedding, begitu hajatan ini disebut, dipastikan menjadi pernikahan yang dinanti dunia.

The Royal Album
Prosesi pernikahan William-Kate pada 29 April mendatang juga akan dibuat album. Versi audionya dari iTunes dapat diunduh beberapa jam setelah upacara pernikahan seharga delapan poundsterling. Ini merupakan album tercepat yang pernah ditangani Universal Music. Decca Records, bagian dari Universal Music, akan merilis album soundtrack pernikahan itu secara ritel pada 29 April 2011. Sementara salinan dalam bentuk CD, vinyl dan kaset mulai tersedia 5 Mei 2011. Decca juga pernah merekam pernikahan Pangeran Charles dengan Lady Diana pada 1981. Album resmi akan menyertakan buklet dengan urutan pelayanan, pembacaan sumpah, himne dan upacara pemberkatan, serta musik. Hasil penjualan album pernikahan itu akan disisihkan setiap sati poundsterling untuk yayasan amal William dengan syarat kontribusi minimum dari penjualan mencapai 250 ribu poundsterling. Album ini juga diharapkan bakal laku keras dan bisa menjadi bagian memorabilia kerajaan.

Musik Klasik Sederhana
Acara resepsi pernikahan William-Kate di Istana Buckingham akan berlangsung sederhana namun syahdu. Para Undangan akan dihibur permainan harpa Claire Jones (26), pemain harpa resmi Prince of Wales, Pangeran Charles. Claire yang mengaku bangga unjuk kebolehan di kesempatan bersejarah ini, akan memainkan lagu klasik romantis. Selain Claire Jones, pengisi acara lain adalah The Choir of Westminster Abbey, The Chapel Royal Choir, The London Chamber Orchestra dan The Fanfare Team dari Central band of the Royal Air Force di Gereja Westminster Abbey.

Film Kenangan

Sembilan tahun hubungan William-Kate tak selalu berlangsung mulus, ada pasang-surutnya. Entah itu kendala datang dari mereka, keluarga hingga lingkungan. Berdasarkan hal itu, kisah cinta William-Kate pun difilmkan dan diputar jaringan televisi Lifetime, AS, 18 April lalu. Film berjudul William and Kate itu menggambarkan awal perjumpaan William-Kate di St Andrew University (Skotlandia), saat berpacaran, putus, nyambung lagi, bertunangan, hingga akhirnya menikah. Pemeran Kate adalah Camilia Luddington asal Inggris, sementara aktor Selandia Baru, Nico Evers-Swindell menjadi Willian. Aktor senior Inggris Ben Cross mendapat peran sebagai ayah William, Pangeran Charles.

Novel Cinta
Kisah cinta William-Kate dituangkan Christoper Andersen dalam novel berjudul William and Kate, A Royal Love Story. Buku ini menceritakan kedekatan William-Kate sejak berkenalan, kencan pertama, putus cinta, hingga bagaimana Kate menaklukkan hati William. Andersen mewawancarai teman sekolah Kate untuk mendapatkan cerita bagaimana ketertarikan Kate terhadap William. Asal tahu saja, menurut novel ini, Kate menyukai William sejak remaja, seperti jutaan gadis lain, Kate memajang foto William di dinding kamarnya.

Ponsel Edisi Terbatas
Alcatel meluncurkan ponsel khusus bertema pernikahan William-Kate. Ponsel bernama Alcatel One Touch hadir dengan warna bendera Inggris dan di bagian belakangnya terdapat inisial C dan W serta tanggal pernikahan 29 April. Wallpaper menampilkan gambar William-Kate, sementara nada dering memutar Mandelssohn's Wedding March. Satu unit ponsel itu dibanderol 14,95 poundsterling.

Aplikasi IPAD
Ada berbagai aplikasi iPad tentang pernikahan William-Kate. NBC pun meluncurkan aplikasi khusus mengenai pernikahan itu. Aplikasi buatan NBC itu berisi silsilah keluarga kerajaan Inggris, panduan pernikahan, kisah cinta William-Kate, dan toko online. Pengakses aplikasi ini bahkan bisa membeli tiruan cincin pertunangan Kate. Di dalam aplikasi ini juga diinformasikan secara lengkap tentang tata cara pernikahan kerajaan Inggris yang sudah berlangsung turun temurun, termasuk acara seremonial yang akan berlangsung menjelang dan setelah pernikahan kerajaan.

Kereta State Landau
Di hari pernikahan (29 April), setelah upacara di Westminster Abbey, William-Kate akan melewati jalur prosesi ke Buckingham Palace dengan naik kereta State Landau 1902 yang ditarik kuda. Parade keliling kota ini akan melintasi Parliament Square, Whitehall, lapangan luas Horse Guards Parade, kawasan mal, dan berakhir di tempat resepsi Buckingham Palace. Sementara William dan Kate akan tiba di tempat upacara secara terpisah. Kate dan ayahnya, Michael, datang naik Rolls-Royce Phantom VI ke gereja untuk misa.

Biskuit Favorit Pangeran
Toko kue Fiona Cairns Ltd. dan perusahaan biskuit McVitie's dipercaya untuk membuat kue berdasarkan keinginan William-Kate. Kue yang dibuat Fiona adalah fruit cake bertingkat dengan tema berbeda. Kue ini dipercantik dengan empat jenis bunga yang melambangkan empat sudut Britania Raya, yaitu mawar Inggris, daffodil Welsh, widuri Skotlandia, dan bunga shamrock yang menjadi lambang Irlandia. Kate juga terlibat dalam memandu pembuatan kue ini. Sementara biskuit cokelat yang dibuat McVitie's, berdasarkan pesanan khusus William yang menggemari biskuit cokelat sejak kecil. Pembuatan kue cokelat ini menghabiskan 15 kilogram cokelat dan 1.700 biskuit McVitie's Rich Tea.

Suvenir Piring

Menjelang hari bahagia William-Kate, pihak Istana Buckingham telah meluncurkan piring khusus buatan tangan dari China dengan inisial kedua mempelai, W dan C yang bertautan dengan warna emas dan perak. Piring eksklusif ini didekorasi secara khusus dengan dibubuhi dan dipelitur dengan kandungan emas 22 karat. Harga piring berdiameter 22,4 cm itu bernilai 40 poundsterling. Sementara itu, seniman keramik Mary Rose Young juga ikut membuat piring keramik edisi khusus pernikahan William-Kate. Piring dicat tangan dengan lukisan wajah William-Kate, berlatar belakang bendera Inggris. Lengkap dengan tanggal pernikahan 29 April 2011 dan nama "William & Kate". Piring yang dihiasi emas 24 karat dan berdiameter 8,5 inci ini hanya dibuat berdasarkan pesanan saja. (NOVA/Ahmad Tarmizi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com