Pangeran William Harus Gantikan Ratu

Kompas.com - 11/04/2011, 15:38 WIB
EditorEgidius Patnistik

LONDON, KOMPAS.com — Lebih dari separuh orang Inggris berpendapat Pangeran William yang harus menjadi raja bangsa itu berikutnya, demikian hasil sebuah jajak pendapat yang dilansir Telegraph, Senin (11/4/2011). Masih menurut jajak pendapat itu, satu dari tiga orang Inggris ingin agar Ratu Elizabeth mengundurkan diri dalam dua tahun ke depan.

Pangeran William akan menikah dengan Kate Middleton pada 29 April ini. Survei Panelbase terhadap hampir 2.000 orang dewasa, yang dilakukan untuk Sunday Times pada Selasa hingga  Kamis pekan lalu, menemukan bahwa 59 persen orang yang mendukung tradisi kerajaan melihat William, bukan Prince of Wales, yang mestinya naik takhta. Sisanya, 41 persen, mengatakan mereka ingin Pangeran Charles yang menjadi raja.

Pangeran William memperoleh dukungan kuat di kalangan wanita muda, dengan 78 persen dari mereka yang dalam kategori usia 18-34 tahun mengatakan, mereka ingin William untuk menggantikan Ratu Elizabeth.

Panelbase juga menemukan bahwa 33 persen orang dewasa Inggris ingin Ratu Elizabeth menyerahkan takhta dalam waktu dua tahun. Sejumlah 42 persen anak muda dan 39 persen wanita muda berpendapat, Ratu harus turun dari takhta.

Dalam sebuah survei terpisah, dukungan untuk Pangeran William agar segera naik takhta bahkan lebih tinggi di antara orang-orang di Skotlandia, mencapai 61 persen, dengan hanya 39 persen yang ingin agar Pangeran Charles menjadi raja berikutnya.

Managing Director Panelbase Ivor Knox mengatakan, "Ada beberapa tanda sebuah efek dongeng, dengan lebih dari tiga perempat perempuan muda ingin pasangan yang akan menjadi pengantin baru itu menjadi raja dan ratu berikutnya. Mungkin yang lebih mengejutkan, dukungan untuk Charles hanya sedikit di atas 50 persen bahkan di antara orang yang berusia di atas 55 tahun, meskipun kelompok usia ini juga paling menentang penurunan Ratu dari takhta lebih awal, dengan hampir 80 persen dari mereka ingin agar Ratu tetap berada di takhtanya."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X