Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libya Akui Tangkap Wartawan Asing

Kompas.com - 08/04/2011, 19:39 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Pemerintah Libya, Jumat (8/4/2011), mengatakan, empat wartawan asing yang hilang sejak Senin lalu berada dalam tahanan militer Libya. Rencananya, mereka akan segera dibebaskan, menurut saluran televisi Spanyol, TVE1.

Televisi tersebut mengatakan, sebuah mobil yang membawa seorang wartawan foto asal Spanyol, seorang wartawan Afrika Selatan, dan dua wartawan Amerika Serikat dihentikan tentara Libya di jalan raya yang menghubungkan kota Ajdabiya yang dikuasai pemberontak dengan kota pelabuhan, Marsa-el-Brega. Mobil tersebut kemudian dibakar dan keempat wartawan dibawa ke suatu tempat rahasia.

Insiden tersebut disaksikan oleh seorang pengawal keamanan yang menyertai wartawan New York Times dalam penugasan, yang mengendarai mobilnya di jalan itu. Informasi tentang hilangnya wartawan kemudian dikonfirmasi oleh organisasi Reporters Without Borders.

Para kelompok perlawanan Libya telah memerangi tentara Moammar Khadafy sejak pertengahan Februari. Sebuah operasi pimpinan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sedang mengawasi pemberlakuan wilayah larangan terbang dalam upaya mencegah tentara Khadafy menyerang warga sipil.

Namun, sejak operasi militer dengan mandat Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa 1973 itu digelar, beberapa media justru melaporkan adanya warga sipil yang menjadi korban serangan udara pasukan koalisi yang digagas Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris, sebelum NATO mengambil alih operasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com