Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Jamin Pesawat Bebas Radiasi

Kompas.com - 23/03/2011, 20:23 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Garuda Maintenance Facility menjamin pesawat Garuda Indonesia yang beroperasi di Indonesia saat ini masih bebas dari bahaya radiasi nuklir.

"Masyarakat tidak perlu khawatir sebab semua pesawat Garuda sebelum terbang dilakukan pemeriksaan ketat termasuk radiasi, dan hingga kini masih dinyatakan bebas," kata pihak Garuda Maintenance Facility, Fuad Abdullah, di Manado, Rabu (23/3/2011).

Fuad mengatakan bahwa selain dilakukan oleh otorisasi penerbangan, pemeriksaan juga dilaksanakan tim teknis dari maskapai itu guna memastikan bahwa tidak ada radiasi di dalam pesawat.

Hal senada juga dikatakan Bambang Prakoso yang juga pihak Garuda Maintenance Facility bahwa semua pesawat terbang di Indonesia termasuk Garuda melakukan langkah antisipatif terhadap persoalan radiasi.

"Sebenarnya persoalan radiasi bukan hanya dampak nuklir. Telepon seluler yang kita gunakan juga ada kandungannya. Hanya, tingkatnya masih jauh di bawah batas normal," kata Bambang.

Pemerintah yang dalam hal ini instansi terkait menurutnya pasti akan melakukan berbagai langkah antisipatif bila kadar radiasi pada tingkat membahayakan ditemukan.

Baik Fuad maupun Bambang meminta masyarakat pengguna jasa penerbangan udara Indonesia untuk tidak cemas terhadap persoalan radiasi karena ada pemeriksaan terkait hal itu.

Penerbangan di Indonesia saat ini mampu menjaga keamanan dan keselamatan bagi pengguna jasa angkutan udara. Oleh karena itu tidak perlu ada kecemasan, apalagi sampai muncul ketakutan terbang dengan pesawat udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com