Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, 121 WNI Dipulangkan

Kompas.com - 14/03/2011, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia akan memulangkan 121 warga negara Indonesia (WNI) dari Jepang yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami.

Wakil Menteri Luar Negeri Triono Wibowo mengatakan, mereka yang dipulangkan adalah WNI yang bertempat tinggal di Sendai, Provinsi Miyagi. "Akan dipulangkan ke Indonesia Senin malam ini dari Tokyo, Jepang. Diharapkan mereka tiba di Indonesia Selasa dini hari besok," ungkapnya sebelum mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Senin (14/3/2011).

Ke-121 WNI tersebut adalah korban selamat yang ditemukan di Sendai, yaitu pusat gempa terparah di Jepang. Mereka kehilangan semua harta benda dan tempat tinggalnya luluh lantak karena bencana gempa dan tsunami terhebat yang pernah terjadi di Jepang.

Dalam beberapa hari ini, mereka diungsikan sementara ke Tokyo oleh KBRI Jepang. "Rumah-rumah mereka sudah rusak, jadi tak mungkin lagi bertahan di Sendai. Untuk sementara mereka bisa tinggal dulu di Indonesia sambil melihat perkembangan yang ada," tambahnya.

Selain itu, Triono mengatakan, KBRI belum mencatat adanya WNI yang tewas. Namun, ada sejumlah WNI yang dinyatakan hilang, yaitu empat WNI yang menjadi anak buah kapal Kunimaru III yang diterjang gempa dan tsunami di Pelabuhan Shiogama, Sendai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com