Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Mesir Akan Umumkan "Sesuatu"

Kompas.com - 11/02/2011, 16:08 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Dewan Komando Tertinggi militer Mesir mengadakan pertemuan, Jumat (11/2/2011), dan akan mengumumkan sebuah "pernyataan penting kepada rakyat," lapor kantor berita negara, MENA.

"Majelis Tinggi Angkatan Bersenjata, dipimpin oleh Menteri Pertahanan  Hussein Tantawi, telah mengadakan pertemuan penting pagi ini. Dewan akan mengeluarkan pernyataan penting  bagi rakyat," kata MENA.

Sebelumnya, seorang perwira militer senior yang terkait dengan Dewan Tertinggi mengatakan kepada AFP bahwa para jenderal itu terus bertemu dan diperkirakan untuk menyampaikan pernyataan hari Jumat. Di tengah protes jalanan para pengunjuk rasa yang menentang kekuasaan Presiden Hosni Mubarak, para jenderal penting Mesir mengumumkan pada hari Kamis bahwa "dalam mendukung tuntutan sah rakyat", mereka akan "mengabil beberapa tindakan untuk melindungi bangsa (Mesir)".

Sejumlah orang menafsirkan pernyataan itu sebagai ancaman untuk melancarkan kudeta, tetapi Mubarak sendiri pada hari itu kemudian muncul di televisi pemerintah untuk mengumumkan bahwa ia akan tetap berkuasa sampai pada pemilihan presiden pada September mendatang.

Para pengunjuk rasa pro-demokrasi marah dengan keputusan Mubarak itu, banyak dari mereka yang menuntut agar tentara ikut campur untuk menggulingkan Mubarak atas nama rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com