Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran-Polisi Mesir Bentrok, 3 Tewas

Kompas.com - 10/02/2011, 02:07 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Tiga orang tewas dan beberapa lain terluka akibat tembakan dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan pemrotes selama demonstrasi yang diikuti sekitar 3.000 orang di sebuah provinsi Mesir barat, Rabu (9/2/2011).

Bentrokan itu terjadi di New Valley, sebuah provinsi yang mencakup oasis di gurun barat Mesir, Selasa (8/2/2011) dan berlanjut hingga Rabu.

Televisi pemerintah mengatakan, tiga orang tewas dalam bentrokan tersebut namun tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu.

Tampaknya itu merupakan bentrokan sengit pertama antara polisi dan pemrotes sejak pasukan kepolisian ditarik dari jalan-jalan di Mesir setelah mereka memukuli dan menembakkan gas air mata serta peluru karet pada pemrotes pada 28 Januari, yang kemudian disebut-sebut sebagai "Hari Kemarahan".

Presiden Hosni Mubarak mengirim pasukan angkatan darat ke jalan pada malam itu, namun kemudian terjadi penjarahan dan pelanggaran hukum selama beberapa hari setelah penarikan polisi dan banyak tahanan kabur dari penjara.

Senin, satu sumber keamanan mengatakan, mantan Menteri Dalam Negeri Mesir Habib el-Adli dihadapkan ke pengadilan militer dan mungkin menghadapi tuntutan menimbulkan kekacauan selama protes.

Bentrokan mematikan itu terjadi setelah Presiden AS Barack Obama menyatakan yakin ada kemajuan di Mesir, setelah Wakil Presiden Omar Suleiman bertemu dengan sejumlah kelompok oposisi dalam upaya meredam pergolakan anti-pemerintah.

"Jelas, Mesir harus merundingkan sebuah jalan dan mereka sedang mencapai kemajuan," katanya kepada wartawan setelah berpidato di Kamar Dagang AS, Senin.

Minggu, Suleiman -- pembantu utama dan mungkin pengganti Presiden Hosni Mubarak -- mengundang kelompok-kelompok oposisi untuk membahas pembentukan sebuah panel yang akan memandu reformasi demokratis.

Namun, demonstran tidak terkesan dan berjanji melanjutkan aksi mereka yang sudah berlangsung dua pekan di Lapangan Tahrir, Kairo.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com