Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kontak Terus dengan Militer Mesir

Kompas.com - 03/02/2011, 09:49 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates melakukan pembicaraan dengan Mesir, Rabu (2/2/2011). Ini merupakan pembicaraan ketiga kalinya dalam minggu ini dengan Menteri Pertahanan Mesir Jenderal Mohamed Hussein Tantawi di tengah gelombang kerusuhan di Mesir.

"Menteri Gates berbicara melalui telepon dengan Jenderal Tantawi (Mohamed Hussein Tantawi) lagi hari ini," kata Sekretaris Pers Geoff Morrell melalui e-mail, Rabu.

Sejak kerusuhan di Mesir, Amerika Serikat berusaha untuk menjaga jalur komunikasi dengan militer Mesir. Selain melakukan perundingan dengan Menteri Pertahanan Mesir, Gates juga berdiskusi melalui telepon dengan Pimpinan Kepala Staf Gabungan, Admiral Mike Mullen dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Mesir, Jenderal Sami Enan, Rabu dini hari.

Menurut Juru Bicara Kepala Staf Gabungan Kapten John Kirby, percakapan Mullen dengan Sami Enan membahas mengenai keyakinan Mesir terhadap kemampuan menjaga keamanan di negara mereka. 'Ia (Sami Enan) menyatakan keyakinannya bahwa militer Mesir mampu menjaga keamanan negaranya, baik secara internal maupun melewati luar wilayah terusan Suez," ungkap John Kirby.

Pentagon tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai percakapan Robert Gates dan Menteri Pertahanan Mesir tersebut. Para pejabat AS dan para pengamat memandang peran tentara Mesir sangat penting dalam menyelesaikan krisis dan pemerintahannya mempunyai harapan besar dari pertahanan Amerika untuk memberikan dukungan pada Kairo.

Sebelumnya, pihak Gedung Putih menyatakan bahwa peningkatan kontak dengan Angkatan Bersenjata Mesir telah membantu mengendalikan kemungkinan terjadinya kekerasan sebelum Rabu kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com