Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utusan AS Kunjungi Ethiopia dan Sudan

Kompas.com - 29/01/2011, 20:13 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Utusan Amerika Serikat untuk Sudan, Sabtu (29/1/2011) bertolak ke Ethiopia menghadiri KTT Uni Afrika menjelang kunjungannya ke Sudan dan daerah Sudan selatan, yang memutuskan merdeka bulan ini, kata Departemen Luar Negeri.     

Mayjen Scott Gration akan mendampingi Wakil Menlu James Steinberg ke ibu kota Sudan, Khartoum dan ibu kota Sudan selatan, Juba, kata departemen itu dalam satu pernyataan. Gration juga berencana akan mengunjungi Port Sudan, untuk memeriksa pelaksanaan satu perjanjian perdamaian di daerah timur negara itu serta daerah Darfur yang porak poranda akibat perang  untuk membicarakan usaha-usaha perdamaian di daerah itu.     

Ini adalah kunjungannya yang ke 25 ke negara itu sebagai utusan khusus. Dalam satu referendum damai yang diselenggarakan awal bulan ini 99 persen penduduk Sudan selatan yang sebagian besar beragama Kristen dan pemeluk animisme mmemutuskan memisahkan diri dari Sudan utara yang berpenduduk mayoritas Muslim.     

Referendum itu adalah bagian dari satu perjanjian perdamaian  yang mengakhiri perang saudara lebih dari dua dasawarsa  yang menewaskan lebih dari dua juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com