Utusan AS Kunjungi Ethiopia dan Sudan

Kompas.com - 29/01/2011, 20:13 WIB
EditorJosephus Primus

WASHINGTON, KOMPAS.com - Utusan Amerika Serikat untuk Sudan, Sabtu (29/1/2011) bertolak ke Ethiopia menghadiri KTT Uni Afrika menjelang kunjungannya ke Sudan dan daerah Sudan selatan, yang memutuskan merdeka bulan ini, kata Departemen Luar Negeri.     

Mayjen Scott Gration akan mendampingi Wakil Menlu James Steinberg ke ibu kota Sudan, Khartoum dan ibu kota Sudan selatan, Juba, kata departemen itu dalam satu pernyataan. Gration juga berencana akan mengunjungi Port Sudan, untuk memeriksa pelaksanaan satu perjanjian perdamaian di daerah timur negara itu serta daerah Darfur yang porak poranda akibat perang  untuk membicarakan usaha-usaha perdamaian di daerah itu.     

Ini adalah kunjungannya yang ke 25 ke negara itu sebagai utusan khusus. Dalam satu referendum damai yang diselenggarakan awal bulan ini 99 persen penduduk Sudan selatan yang sebagian besar beragama Kristen dan pemeluk animisme mmemutuskan memisahkan diri dari Sudan utara yang berpenduduk mayoritas Muslim.     

Referendum itu adalah bagian dari satu perjanjian perdamaian  yang mengakhiri perang saudara lebih dari dua dasawarsa  yang menewaskan lebih dari dua juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.