Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

43 Sampan, Agar Nelayan Makin Produktif

Kompas.com - 23/01/2011, 14:50 WIB

LANGKAT, KOMPAS.com - Sebanyak 43 sampan bermotor dibagikan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat kepada nelayan di sembilan kecamatan pesisir pantai, setelah melalui seleksi yang ketat.

"Kita lakukan seleksi yang ketat kepada para penerima perahu bermotor guna meningkatkan produksi perikanan tangkap," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Nazaruddin, ketika ditemui di Stabat, Minggu (23/1/2011).

Sebanyak 43 unit perahu bermotor 26 kaki dengan mesin 23 PK tersebut, dibagikan di 9 kecamatan yaitu Pangkalan Susu, Pematang Jaya, Besitang, Brandan Barat, Sei Lepan, Babalan, Gebang, Tanjungpura dan Secanggang.

"Tujuan dari program pemberian sampan ini, untuk peningkatan pendapatan masyarakat nelayan, sekaligus juga meningkatkan produksi perikanan tangkap," katanya.

Sementara itu Ali Mukti Siregar selaku kepala Bidang Kelautan dan Penangkapan secara terpisah menjelaskan, produksi ikan tangkap di Langkat ini mencapai 21.920 ton, sedangkan produksi perikanan budi daya mencapai 7.143,3 ton.

Sedangkan produksi perikanan produk olahan hasil perikanan untuk 2010 ini mencapai 212.238 ton.

"Produksi benih ikan mencapai 1.337.500 ekor dan produksi benih udang mencapai 2.000.000 ekor," ujarnya.

Selain itu luas perairan umum daratan di Langkat ini mencapai 7.860 ha, dengan jumlah nelayan mencapai 16.235 orang serta jumlah pembubidaya ikan sebanyak 2.874 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com