Bakso Kikil Pak Jaka

Kompas.com - 13/01/2011, 08:26 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Kami senang sekali lho wisata kuliner ke Bogor, menyusuri makanan di Jalan Surya Kencana. Dan tempat yang selalu kami kunjungi adalah Bakso Kikil Pak Jaka. Kalau Anda sedang jalan-jalan ke kota Bogor, tidak ada salahnya mencicipi Bakso Kikil yang enak ini. Lokasinya berada di Jalan Surya Kencana, dekat dengan Bank BCA. Pak Jaka sudah berjualan sejak tahun 1998, dan meskipun hanya berjualan di depan toko peralatan olah raga tetapi dagangannya selalu ramai dan sudah banyak sekali pelanggannya. Dan tidak sedikit juga pelanggannya yang datang dari Jakarta.

Ukuran baksonya kecil-kecil, dan kuahnya beningnya ditambahi dengan potongan-potongan kikil. Kalau tidak suka kikil juga bisa pesan tanpa kikil.  Sebenarnya saya kurang suka makan kikil, tapi suatu pengecualian di bakso kikil Pak Jaka ini he-he... Saya doyan makan kikil hanya di bakso Pak Jaka ini.  Saya suka banget baksonya, kikilnya juga enak, dan bumbu kuahnya pas. Apalagi di tambah dengan sambal, waaah mantap deh....

O iya satu lagi yang unik di bakso Pak Jaka, yaitu pangsit goreng. Biasanya kita makan pangsit kan dengan mi, tapi Pak Jaka mengkombinasikan makan bakso kikil dengan pangsit goreng. Nyam nyam... enak lho. Hmm.. Tapi terkadang saya suka kehabisan pangsitnya, wajar saja sih karena memang enak sekali pangsit gorengnya.

Pak Jaka berjualan dari jam 12 siang sampai malam, tapi kadang sore saja sudah habis, terutama kalau weekend tiba, habis diserbu oleh para pecinta kuliner Bogor dan Jakarta.

Berwisata kuliner di Bogor memang selalu menyenangkan, dengan udaranya yang sejuk dan seringnya turun hujan membuat perut ini jadi selalu lapar setiap kali datang ke kota Bogor. (Ita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.