Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Klaim soal Korban Tewas

Kompas.com - 12/01/2011, 01:09 WIB

KOMPAS.com – Berbagai klaim soal jumlah korban tewas muncul pascakerusuhan di Tunisia. Menurut warta AP dan AFP pada Selasa (11/1/2011), ada sekitar 35 orang tewas. Angka ini dirilis oleh Federasi Internasional Liga HAM yang bermarkas di Paris.

Sementara, pemerintah mengatakan hanya 14 orang tewas dalam unjuk rasa pengangguran akhir minggu. Kemudian, sejumlah laporan yang belum dikonfirmasi mengisyaratkan paling tidak 50 meninggal di Kasserine dalam tiga hari.

Pada Senin kemarin, pemerintah memerintahkan semua sekolah dan universitas ditutup untuk waktu yang tidak ditentukan karena unjuk rasa.

Pimpinan Federasi Internasional Liga HAM Souhayr Belhassen mengatakan pihaknya memiliki 35 nama korban meninggal, tetapi jumlah sebenarnya dapat lebih besar. Badan tersebut meyakini korban tewas dapat mencapai 50 orang, sama seperti pandangan serikat buruh Tunisia yang mengutip angka staf rumah sakit di Kasserine.

Pegiat hak asasi manusia mengatakan kekerasan juga menyebar ke sejumlah kota pesisir industri pariwisata Tunisia.

Serikat buruh di kota Thala mengatakan polisi memperingatkan penduduk untuk tidak berkumpul, bahkan dua orang pun. Organisasi itu mengatakan terjadi kelangkaan parah pangan dan minyak pemanas di kota.

Reaksi pemerintah Tunisia dikecam Uni Eropa dan Amerika Serikat yang mendesak negara itu untuk menghormati kebebasan menyatakan pendapat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com