Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darwin: Orang Kaya Harus Beli Pertamax

Kompas.com - 07/01/2011, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh meminta masyarakat yang terbilang mampu secara ekonomi harus menggunakan BBM nonsubsidi, yakni jenis pertamax.

“Mereka yang mampu harusnya beli pertamax, bukannya ikut-ikutan menerima subsidi dari APBN kita yang terbatas. Selama ini subsidi menimbulkan distorsi,” ujarnya.

Subsidi pada dasarnya akan tetap diberikan. Namun, subsidi harga akan pelan-pelan diubah menjadi subsidi kepada golongan masyarakat yang terbilang tidak mampu secara ekonomi. “(Subsidi) Itu untuk program prorakyat, mendirikan sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai kenaikan Indonesia Crude Price (ICP) Desember 2010 yang telah menembus angka 91,37 dollar AS per barrel, dia menegaskan bahwa itu tidak akan mengubah rencana pengaturan BBM bersubsidi.

“Pada dasarnya soal subsidi adalah soal tidak tepat sasaran. Jadi, soal naiknya harga minyak dunia tidak akan memengaruhi kebijakan ini,” kata Darwin seperti dikutip dari pernyataan tertulisnya di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (7/1/2011). (Andri Malau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com