Warga Pyongyang Berunjuk Rasa

Kompas.com - 03/01/2011, 19:17 WIB
EditorJosephus Primus

SEOUL, KOMPAS.com - Sekitar 100.000 warga Korea Utara (Korut) berunjuk rasa pada Senin (3/1/2011)  di Pyongyang, memegangi foto pemimpin Kim Jong-Il dan mendiang ayahnya, menurut laporan. Unjuk rasa tersebut, disiarkan dalam stasiun televisi nasional, telah digelar oleh Pyongyang untuk menunjukkan dukungan terhadap pedoman kebijakan yang diumumkan dalam pesan pada hari tahun baru, kata kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Pesan tersebut yang disiarkan dalam editorial bersama oleh media negara pada Sabtu menyerukan penghidupan kembali industri ringan serta perbaikan hubungan dengan Korsel.  "Papan slogan telah didirikan dalam jejaring unjuk rasa tersebut, menyatakan dukungan untuk ide revolusioner Kim Jong-Il dan mendiang ayahnya Kim Il-Sung, yang mendirikan negara tersebut," menurut Yonhap.

Unjuk rasa itu, yang menunjukkan berbagai macam bendera propaganda, memulai dengan nyanyian hymne kepada Kim Jong-Il, sementara para partisipan berjanji akan mencapai sasaran tahun ini, katanya.  Kim Il-Sung telah disebut sebagai "Presiden Abadi" sejak wafat pada 1994.

Kim Jong-Il, 68 tahun, diketahui mempercepat pemindahan kekuasaan ke putra ketiganya, Kim Jong-Un, setelah menderita stroke pada 2008. Jong-Un, dipercaya berusia 27 tahun, pada September diberi pangkat jenderal empat bintang dan posisi senior dalam partai komunis.

Banyak analis mengatakan Pyongyang sedang mengejar stabilitas di semenajung Korea untuk memperkokoh pewarisan kekuasaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.