Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Dimsum Sepuasnya

Kompas.com - 31/12/2010, 06:17 WIB

KOMPAS.com - Kembali ke kejayaan jalur sutra berabad-abad silam, para penjelajah memulai perjalanan maupun melepas penat dengan memakan kudapan kecil aneka rasa dan bentuk ditemani dengan teh. Kudapan tersebut bernama dim sum. Kemunculannya mengawali tradisi yum cha atau minum teh dengan makanan ringan. Jika Anda biasa makan bakpao atau somay di sore hari sambil menyeruput teh hangat, nah Anda sedang menapak tilas kebiasaan para pedagang jalur sutra.

Bakpao dan somay hanya dua pilihan dari berbagai jenis dim sum yang bisa Anda jumpai di restoran ataupun warung pinggir jalan. Di sinilah keunikan dim sum yang sangat variatif dan terbuka untuk dikembangkan. Dim sum umumnya menggunakan bahan-bahan berkarbohidrat tinggi yang diolah dengan cara dikukus ataupun digoreng. Hadir dalam bentuk kecil yang bisa dimakan dalam sekali membuka mulut. Dalam satu porsi biasanya berisi tiga atau empat potong dim sum. Jadi makan dim sum memang cocoknya dinikmati beramai-ramai bersama keluarga.

Salah satu restoran yang menyediakan pilihan menu dim sum yang beragam adalah Table8. Restoran yang terletak di Hotel Mulia Senayan, Jakarta tersebut memanjakan lidah penggemar dim sum dengan paket makan sepuasnya. Ada 28 menu dim sum terhidang di meja prasmanan. Anda bisa mengawali dengan dim sum yang sudah akrab di lidah orang Indonesia yaitu bakpao dan siomay.

Table8 mengkreasikan pao unik yaitu Pao Lo Pao. Sama seperti bakpao biasanya yaitu adonan tepung dikukus dan diberi isian. Pao Lo Pao tak berhenti di pengukusan, karena setelahnya pao dibakar. Permukaan kulit pao jadi garing saat digigit. Namun berpadu cantik dengan kelembutan adonan kukus di dalamnya. Ada dua isian yang bisa Anda santap, yaitu Pao Lo Pao isi ayam dan Pao Lo Pao isi susu.

Menu siomay yaitu Steamed Chicken and Shrimp Dumpling adalah menu wajib dalam daftar dim sum yang Anda santap. Deep-Fried Beancurd Skin Roll with Prawn menu goreng dim sum dari kulit tahu berisi udang dan dililit oleh lembaran rumput laut. Kerenyahannya akan semakin mantap Anda nikmati dengan cocolan mayonaisse. Dim sum wajib lainnya adalah Xiao Long Pao dan ceker ayam.

Xiang Long Pao Table8 tersaji khas dalam wadah keranjang bambu untuk kukusan. Kudapan ini mirip seperti bakpao tapi dengan ukuran lebih kecil dan dengan isian daging kepiting. Lo Mai Gai salah satu dim sum yang tidak banyak ada di Jakarta bisa Anda temukan di Table8. Aroma kukusan nasi ketan dan daging ayam menyeruak saat daun teratai pembungkus dibuka.

Menurut Adeza Hamzah, Assistant Director of Communication Hotel Mulia Senayan, menu dim sum secara berkala akan berubah. Jadi pengunjung tidak akan pernah bosan. Setiap Anda kembali ke Table8 akan menemukan dim sum yang baru.

Tentu saja hanya teh panas yang cocok untuk menikmati dim sum. Table8 menyediakan berbagai pilihan teh China seperti oolong, black tea, white tea, dan banyak lainnya. Kompas.com mencoba teh unik yaitu teh bunga. Saat tersaji bentuknya seperti kuncup teratai. Kemudian seorang tea master dengan penuh atraksi menuang air panas ke dalam gelas. Sekilas seperti sedang menyiram bunga. Perlahan-lahan, kuncup itu pun mekar dan semerbak aroma melati tercium.

Anda perlu merogoh kocek Rp 138.000 belum termasuk pajak dan biaya layanan untuk menyantap dim sum sepuasnya. Tetapi tunggu dulu, harga paket prasmanan ini tidak hanya untuk menu dim sum saja. Di meja prasmanan Anda bisa mencicipi aneka menu khas China lainnya. Sebut saja mulai dari nasi goreng aneka jenis, hidangan laut, sampai hidangan yang dibakar. Tak ketinggalan, hidangan pencuci mulut khas China sampai frozen yoghurt. Anda bisa menemukan Gui Ling Gao dalam daftar pencuci mulut khas China. Gui Ling Gao ini jarang ada di Jakarta. Dengan tekstur serupa puding dan berwarna hijau, hidangan ini mengandung sari kura-kura.

Table8 memang berusaha mempertahankan autentik rasa dari masakah China wilayah Canton dan Sichuan. Karena itu beberapa menu memiliki rasa pedas ala Sichuan. Sementara menu lain adalah dim sum dan bebek khas Canton. Menu yang diadaptasi adalah masakan rumahan dan juga makanan pinggir jalan. Sebenarnya menu a la carte adalah andalan Table8. Menu a la carte yang patut Anda coba adalah Smoked Duck. Biasanya restoran China akan menawarkan bebek panggang atau bebek bakar. Seperti namanya, Smoked Duck Table8 dimasak dengan cara pengasapan.

Sementara itu interior Table8 mengangkat gaya Chinoiserie perpaduan antara gaya China dan Perancis. Dominan warna emas dan kelabu serta lampu chandelier yang cantik, menghadirkan suasana mewah nan romantis. Table8 pernah memenangkan penghargaan karena keunikan desain interiornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com