Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tanker Kandas Berhasil Ditarik

Kompas.com - 30/12/2010, 04:51 WIB

MERAK, KOMPAS.com - Kapal tanker MT Melisa yang kandas sejak Minggu (26/12/2010) berhasil ditarik ke tengah laut, 500 meter dari Pantai Cikuasa, Merak, Kota Cilegon.

"Kapal tanker tersebut saat ini lokasinya sudah pada posisi semula sebelum kandas terbawa angin dan gelombang," kata Kepala Seksi Kesyahbandaran Administrator Pelabuhan Kelas I Banten, Thomas Chandra, Rabu (29/12/2010).

Dia menjelaskan, tim yang menarik tanker Melisa dengan panjang 50 meter selesai pukul 20.30 WIB. "Proses penarikannya dilakukan tadi pukul 19.15 WIB, dan ditarik oleh satu kapal tunda 2000 HP atau horse power, dengan dibantu Tongkang Kerja dan Moring dari PT Timas," katanya menambahkan.

Personel yang ada,  katanya, sebanyak 16 orang, lima di Tongkang Kerja dan Moring dari PT Timas, dan 11 orang di kapal tunda Hasnur 01.

"Kalau fungsi dari tongkang kerja hanya mengatur tali jangkar, sedangkan yang menarik kapal tanker itu kapal tunda," ujarnya.        

Ia mengatakan, sampai saat ini belum mengetahui sampai kapan Tanker MT Melisa milik Hari warga Jakarta itu berada  di tengah laut.

"Kami belum tahu, karena kami sendiri belum pernah melakukan komunikasi dengan pemiliknya. Tapi yang jelas posisi tanker itu sudah berhasil kami tarik," ujarnya. 

Kapal Tanker MT Melisa kandas akibat gelombang tinggi dan angin kencang. Kapal Tanker MT Melisa kandas sejauh 500 meter, pada Minggu malam, selama kandas di perairan Cikuasa, Merak tanker tersebut menjadi tontonan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com